DENPASAR, BALIPOST.com – Syukuran HUT ke-61 Kodam IX/Udayana dilaksanakan di halaman Makodam, Denpasar, Senin (28/5). Puncak peringatan HUT Kodam sebenarnya jatuh setiap tanggal 27 Mei. Syukuran HUT ke-61 Kodam IX/Udayana 2018 dilaksanakan dengan suasana penuh kebersamaan dan kekeluargaan.

“Mengawali sambutan ini saya mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriyah Tahun 2018 kepada umat Muslim, semoga di bulan yang istimewa penuh rahmat dan ampunan ini kita dapat menjalankan segala perintah Allah SWT. Kemudian kepada umat Hindu saya mengucapkan selamat hari raya Raya Galungan dan Kuningan, semoga kemenangan dharma melawan adharma dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Selamat hari raya Waisak kepada seluruh umat Budha
dimanapun berada, semoga umat Budha tekun dan tetap semangat mengamalkan ajaran Sang Budha dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, S.I.P.

Seiring dengan bergantinya waktu, hari, bulan dan pergantian tahun, lanjut Pangdam tidak terasa Kodam telah berusia 61 tahun. Usia 61 tahun
adalah rentang perjalanan waktu yang panjang karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.

Memperingati HUT secara filosofis, berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan. “Peringatan HUT jadikan sebagai mawas diri dan introspeksi diri dengan demikian setiap estapet perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian dengan tantangan ke.depan,” tegasnya.

Baca juga:  Pangdam IX/Udayana Resmikan Datasemen Kavaleri

Pihaknya juga berupaya mendesain dan merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita serta dinamika kekinian tanpa melupakan sejarah masa lalu. Selama 61 tahun pengabdiannya, Kodam Udayana telah berupaya
memberikan darma bakti terbaiknya kepada bangsa dan negara.

Seperti tugas pengamanan VIP/VVIP, pengamanan perbatasan, pengamanan pulau terluar serta tugas operasi di dalam dan luar negeri. Di samping itu dalam waktu dekat tepatnya tanggal 27 Juni 2018 Bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pilkada Serentak dan tahapan Pemilu 2019.

Pada 8 hingga 14 Oktober 2018 mendatang juga akan digelar Annual Meeting IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua Bali. “Kita semua tentu berharap agar kegiatan tersebut berjalan dengan aman, lancar dan sukses tanpa mendapatkan gangguan dari pihak manapun. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran, dukungan dan kerjasama yang baik dari pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Bali dan Nusa Tenggara, serta rintisan pembinaan yang telah dilakukan oleh para sesepuh dan pendahulu Kodam IX/Udayana,” harapnya.

Menurut Pangdam, dukungan dan kerja sama yang tulus dari masyarakyat selama ini menjadi penentu bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Kodam IX/Udayana. “Seperti Pepatah Bali mengatakan Paras Paros Sarpanaya,
Salunglung Sabayantaka. Mari kita bersama senantiasa menjalin silaturahmi, menjaga hubungan harmonis, bekerjasama saling bahu-membahu dalam memecahkan setiap permasalahan, berbagi beban yang sama serta merapatkan barisan, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bagi terciptanya wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang kondusif,” ucapnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.