Sejumlah peserta berlomba permainan tradisional, Enggrang, dalam peringatan Hari Puputan Klungkung. (BP/ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Berbagai perlombaan tradisional, Senin (23/4) memeriahkan peringatan Hari Puputan Klungkung ke-110 dan HUT Kota Semarapura ke-26. Ini diikuti puluhan regu dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga sejumlah PKK.

Koordinator Perlombaan Bidang Olahraga, Gusti Ketut Kaler menyampaikan, perlombaan tradisional ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Lomba berbasis kebudayaan ini bertujuan untuk menjaga warisan kebudayaan leluhur supaya tetap lestari. “Lomba ini bertujuan untuk tetap melestarikan apa yang menjadi warisan leluhur atau pendahulu kita,” ujarnya.

Menurut Sekretaris Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung ini, lomba dilaksanakan dua hari. Kemarin, tarik tambang dengan peserta 47 regu, terompah panjang 40 regu, enggrang 13 regu dan lomba nyuwun sokasi/keben 64 regu. Sementara untuk hari ini ada megala-gala yang diikuti 44 regu. “Perlombaan dilaksanakan secara estafet dan setiap peserta wajib mengenakan busana adat,” sebutnya.

Pesertanya, sambungnya dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klungkung, Karang Taruna, PKK serta organisasi kemasyarakatan lainnya. Pada lomba yang berlangsung di Lapangan Puputan Klungkung ini, keseruan tergambar dari peserta.

Sorak sorai penonton juga tidak berhenti menyemangati jagoannya masing-masing. Tidak ketinggalan, Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada bersama Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan sejumlah Kepala OPD hadir menyaksikan jalannya perlombaan.

Baca juga:  Pendaftaran Lomba Ogoh-ogoh di Denpasar Dibuka 22 Januari

Lomba nyuwun sokasi menjadi yang ditunggu-tunggu para ibu-ibu dan remaja putri. Dilaksanakan secara estafet dengan lima peserta tiap regunya. Kekompakan tim sangat diperlukan dalam perlombaan ini. Putu Sita Permatasari, salah satu peserta mengaku menjadi peserta lomba ini diperlukan kelihaian. Apabila tidak terbiasa, maka sokasi bisa jatuh. “Lomba ini terasa gampang karena sudah terbiasa nyuwun saat ke Pura,” akunya.

Keluar sebagai juara I dimasing-masing jenis perlombaan yakni enggrang tingkat SMA/SMK adalah SMK PGRI Klungkung I dan kategori umum putra, Desa Tegak, Kecamatan Klungkung. Lomba terompah panjang tingkat OPD/Sekolah diraih Guru SMAN 1 Semarapura dan kategori umum/karang taruna diraih STT Loka Bina Manggala, Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung. Sementara perlombaan nyuwun sokasi, kategori umum/Desa diraih Desa Pikat, Kecamatan Dawan dan kategori OPD diraih Gugus IV Klungkung. Sedangkan tarik tambang kategori umum diraih Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan dan kategori OPD diraih Kodim 1610/Klungkung. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.