Guruh Soekarnoputra dalam pelaksanaan Batam Menari. (BP/ist)

BATAM, BALIPOST.com – Gelaran akbar Batam Menari resmi dimulai. Even ini menjadi berkah bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sebab, sebanyak 200 UKM diberikan stan gratis untuk berjualan oleh BP Batam. “Ini merupakan bentuk komitmen kami terhadap UKM. Kami ingin setiap even kami bisa memberikan dampak positif. Tidak hanya kepada pariwisata tetapi juga masyarakat Batam,” kata Pelaksana Tugas Kabiro Umum dan Sekretariat BP Batam, yang juga panitia kegiatan Batam Menari, Ilham Eka Hartawan di Batam, Minggu (8/4).

Tak bisa dipungkiri, banyaknya even pariwisata yang digelar Badan Pengusahaan (BP) Batam, turut meningkatkan gairah UKM. Tak terkecuali gelaran akbar Batam Menari. Jika dilihat dari angka, jumlah pelaku UKM ini melonjak hampir seratus persen dibanding kegiatan BP Batam lainnya. Pada even sebelumnya, BP Batam hanya bisa menampung sekitar 100 UKM.

Ilham mengakui, antusiasme pelaku UKM yang ingin terlibat pada setiap even BP Batam terbilang tinggi. Terbukti dalam waktu singkat 200 stan yang disediakan ludes diserbu UKM. Di Batam Menari, pelaku UKM yang mendaftar lebih dari 200 orang.

Sedangkan Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, setiap kali BP Batam menggelar even, pihaknya akan berusaha melibatkan pelaku UKM. Dengan begitu perputaran ekonomi di Batam semakin kencang. “Ini juga untuk menumbuhkan produk UKM supaya bisa muncul ke permukaan. Jadi semacam pembinaan dari BP Batam kepada pelaku-pelaku UKM,” kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Kembangkan PLUT Mandiri, Kemenkop Gandeng Pemda

Event Batam Menari sendiri merupakan acara yang spektakuler. Sebanyak 19.700 orang tampil membawakan Tari Rampai Batam secara kolosal. Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan rekor dunia akan terpecahkan di event ini.

Tari Rampai Batam merupakan karya dari seniman besar Guruh Soekarno Putra. Terdapat empat unsur etnis yang dihadirkan dalam tarian. Yakni Melayu, Minang, Batak, dan China. Semuanya dirangkai menjadi satu koreografi tarian nan indah.

Selain itu beragam pertunjukan lain juga ikut meramaikan. Dari mulai parade band, penampilan Barongsai dan juga Reog Kolasal. Belum lagi kegiatan bakti sosial seperti penanaman pohon serta aksi donor darah. Untuk artis utamanya ada penyanyi dangdut ibukota Zaskia Gothik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menyambut baik gelaran yang memiliki dampak positif tersebut. “Batam Menari menjadi salah satu contoh bagai mana event itu harus dibuat. Eventnya spektakuler, serta melibatkan sponsor untuk membiayai event tersebut. Disamping itu melibatkan UKM dalam pelaksanaannya. Sehingga dapat memberikan keuntungan, baik itu comercial value maupun economic value,” kata Menpar Arief Yahya. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.