Soal USBN SMP mulai disalurkan Jumat (6/4). (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tiga soal mata pelajaran SMP untuk kegiatan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) yang dibuat Disdikpora, mulai disalurkan ke sekolah-sekolah. Tiga soal mata pelajaran tersebut meliputi, IPS, PPKN dan Agama.

Semua sekolah sudah mengambil soal-soal tersebut di Kantor Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Denpasar, Jumat (6/4). Kabid Pendidikan SMP Disdikpora Denpasar A.A.Gede Wiratama, mengungkapkan, semua siswa SMP kelas IX, baik negeri maupun swasta akan melakukan USBN pada Senin (9/4) sampai Senin (16/4) mendatang. Sebenarnya sampai Sabtu (14/4) saja, namun karena hari itu tanggal merah, maka dipindah ke Senin berikutnya.

Dikatakan, jumlah siswa SMP di Denpasar yang akan mengikuti USBN mencapai 13.442 orang. Mereka ini berasal dari 12 SMP Negeri dan 59 SMP swasta. “Proses USBN kali ini sama dengan UN, karena masing-masing kepala sekolah sudah melakukan penandatangan integritas. Artinya, sekolah tidak akan membocorkan soal kepada siswanya, meskipun soal ini dibuat sekolah,” ujar Wiratama.

Baca juga:  Penyaluran Hibah di Badung Jadi Sorotan KPK dan BPK

Setelah mengikuti USBN, siswa selanjutnya akan melakukan ujian praktik pada Selasa (17/4) sampai Sabtu (21/4) mendatang. Ujian praktik ini semua sekolah yang mengatur. Setelah itu, kemudian disusul dengan UN mulai Senin (23/4) sampai Kamis (26/4) mendatang, dengan mata pelajaran meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Ujian susulan dilaksanakan 8 sampai 9 Mei mendatang dengan pelaksanaan pengumuman kelulusan pada 23 Mei.

Sekolah yang siap menggelar UNBK sebanyak 29 sekolah dari 71 SMP negeri maupun swasta yang ada. Sedangkan sebanyak 42 sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.