Ilustrasi logo Bank Indonesia. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Permintaan dan penyaluran kredit perbankan tumbuh lebih tinggi pada Agustus 2022. Demikian catatan Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan Bank Indonesia (BI), seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (16/9).

Direktur Eksekutif ​Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, mengatakan permintaan pembiayaan baru korporasi pada Agustus 2022 terindikasi tumbuh positif, yang tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 17,9 persen.

Baca juga:  Survei Bisnis UMKM BRI: 2024 Prospek Masih Bagus, UMKM Tetap Ekspansif

Kebutuhan pembiayaan, terutama dipenuhi dari dana sendiri yang masih menjadi mayoritas sumber pembiayaan, diikuti oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik. Sementara itu pembiayaan yang bersumber dari pinjaman ke perbankan dalam negeri terindikasi meningkat.

Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Agustus 2022 juga terindikasi tumbuh lebih tinggi dari bulan sebelumnya, yang sejalan dengan indikasi meningkatnya permintaan pembiayaan dari korporasi ke perbankan dalam negeri.

Baca juga:  Hingga Agustus 2023, Penyaluran Bantuan Stimulus Perumahan Mencapai 106.435 Unit

Berdasarkan survei, faktor utama yang mempengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah serta prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan.

Untuk keseluruhan periode triwulan III 2022 penawaran penyaluran kredit baru juga diperkirakan tumbuh positif, meski sedikit melambat dibandingkan triwulan sebelumnya.

Di sisi rumah tangga permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada Agustus 2022. Mayoritas rumah tangga memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa kredit multi guna.

Baca juga:  Aset LPD Tumbuh Rp 600 Miliar di Triwulan I

Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi responden untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan adalah antara lain koperasi dan leasing. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN