Veteran I Gusti Putu Jaga sakit-sakitan dan tinggal di rumah tak layak huni. (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Seorang veteran, I Gusti Putu Jaga (90) tinggal di Banjar Kasianan, Desa Pangsan, Kecatama Petang, Badung. Dia salah satu pejuang dalam merebut kemerdekaan bersama teman seperjuangannya, salah satunya Ida Bagus Santra yang dikenal dengan panggilan Pak Poleng. Namun saat ini Gusti jaga mulai sakit-sakitan dan tinggal di rumah tak layak huni.

Saat ditemui Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1611/Badung Mayor Inf. Putu Sukadana beberapa hari lalu, didampingi anak keduanya Gusti Made Jantra, Gusti Jaga mengatakan mulai sakit-sakitan. Dari pendengaran kurang bagus hingga hidungnya infeksi. Ia sempat bercerita pada masa-masa perjuangan zaman dulu. “Kondisinya saat ini memang memprihatinkan. Kalau dilihat kondisi rumah beliau sekarang, tidak sebanding dengan bagaimana beliau berjuang dahulu,” ujar Mayor Sukadana, Minggu (1/4).

Baca juga:  Panen Padi Organik 7 Ton di Subak Biaung

Melihat kondisi tersebut, kata Sukadana, Kodim 1611/Badung akan merenovasi rumah tersebut melalui program TMMD ke-101 dan menjadi salah satu sasaran fisik. Dengan demikian rumah ditempat veteran ini layak huni. Bangunan rumah milik Gusti Jaga yang akan direnovasi panjang 7,5 meter dan lebar 5 meter.

Dari keterangan anak Gusti Jaga, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan proposal agar dapat bedah rumah tapi belum terealisasi sampai saat ini. Adanya program TMMD tersebut, dia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Kodim Badung serta Pemkab Badung. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.