JAKARTA, BALIPOST.com – Wisatawan asal Penang, Malaysia yang akan mengunjungi Jakarta semakin dipermudah, menyusul dioperasikannya maskapai Citilink yang membuka direct flight Penang-Jakarta. Rute baru ini dapat mendukung ekspansi Wonderful Indonesia yang akan mengikuti MATTA Fair Penang, 30 Maret hingga 1 April 2018.

Pelaksana Harian Direktur Utama Citilink Indonesia Fransetya Hutabarat mengatakan, perluasan pasar ASEAN terus ditingkatkan. “Terkait bisnis industri, Citilink terus meluaskan ekspansi pasar. Poros Jakarta dan Penang ini merupakan bagian dari pengembangan pasar kami khususnya di wilayah ASEAN,” ungkap Fransetya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (31/3).

Menurutnya, mengembangkan pasar Penang bentuk totalitas Citilink. Poros Penang-Jakarta akan terhubung setiap hari. Flight dari Jakarta dilakukan dari Terminal 3 Ultimate Bandara Seakarno Hatta setiap pukul 09.55 WIB. Untuk flight dari Penang dilaksanakan dari Bandara Internasional Penang setiap pukul 14.50 waktu setempat. “Terbang setiap hari menjadi komitmen Citilink. Rute ini semakin memberikan pilihan dan kemudahan bagi para wisatawan. Kami sangat serius menggarap pasar ini. Apalagi, branding pariwisata di Penang sangat kuat,” terangnya.

Citilink berpotensi mendapatkan pasar besar Penang. Sebab Wonderful Indonesia hadir di MATTA Fair. Lokasinya ada di Straits Quay Convention Center (SQCC), Penang.

Menempati areal seluas 54 meter persegi, Wonderful Indonesia akan mengisinya dengan 6 booth dengan tema ‘Kapal Phinisi’. Citilink memang memiliki komitmen untuk menguatkan pasar ASEAN di tahun 2018.

Baca juga:  Citilink Hadirkan Kuliner Nusantara bagi Penumpangnya

Mereka sudah memiliki 66 flight dengan frekuensi 268 penerbangan setiap hari ke-33 kota di Indonesia dan regional. Sebanyak 66 itu dilayani dengan 50 armada Airbus A320.

Mengacu jumlah kunjungan wisatawan 2017, Malaysia masuk big four penyuplai wisatawan terbesar. Strip pertama dihuni Tiongkok, lalu diikuti Eropa dan Singapura. Berada di empat besar, jumlah wisatawan Malasia ke Indonesia mencapai 1.238.378 orang.

Jumlah tersebut tumbuh 1,05% dari tahun sebelumnya. Pada 2016, jumlah kunjungan wisatawan Malaysia mencapai 1.225.458 orang.

Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana didampingi Asdep Regional II Sumarni mengatakan, aksesibilitas itu kunci penting untuk menarik jumlah kunjungan wisatawan Malaysia khususnya dari Penang. Keberadaan Citilink tentu semakin membantu Wonderful Indonesia untuk meyakinkan publik Penang.

Transportasinya jadi semakin mudah dan simpel. “Kami akan bantu promosi Citilink secara masif. Sebab, beragam rencana dan strategi sudah disiapkan untuk MATTA Fair,” sambung Pitana.

Gencarnya perluasan market Citilink pun mendapat acungan jempol Menteri Pariwisata Arief Yahya. “Kami ucapkan selamat kepada Citilink atas terhubungnya poros Penang dan Jakarta. Pasar Penang itu potensial, terutama etnis Tionghoanya di sana. Mobilitas mereka bepergian ke mancanegara sangat tinggi. Kami yakin ada banyak keuntungan yang bisa diraih dari sinergi ini,” pungkasnya. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.