LAMONGAN, BALIPOST.com – Ratusan warga di Kabupaten Lamongan mempunyai tradisi unik menyambut datangnya panen raya padi. Bagi warga setempat tradisi peninggalan nenek moyang ini dipercaya dapat menghasilkan panen yang melimpah.

Dengan berjalan kaki di pematang sawah, ratusan warga Desa Kembangan, Kecamatan Sekaran, menuju lokasi dilaksanakannya tradisi Wiwitan yang berada di tengah sawah. Warga membawa aneka tumpeng lengkap dengan berbagai menu masakan serta hasil bumi.

Tradisi peninggalan nenek moyang yang disebut Wiwitan ini merupakan wujud rasa syukur warga yang akan melaksanakan panen raya padi. Suasana kekeluargaan pun sangat terlihat dalam prosesi tradisi ini.

Usai didoakan, ratusan warga kemudian secara bersama-sama menyantap hidangan. Prosesi makan bersama ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antarwarga desa.

Baca juga:  Tradisi Dus-dusan Warga Pesisir Utara Tuban

Mashuda, Kepala Desa Kembangan, mengaku tradisi ini sebenarnya hampir punah seiring perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Namun, demi melestarikan budaya, warga secara sukarela menggelar tradisi menjelang panen raya padi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan ini.

Melihat antusias warga, ia berencana akan menggelar tradisi serupa tahun mendatang. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.