JAKARTA, BALIPOST.com – Serangkaian peringatan Nyepi yang jatuh pada 17 Maret, panitia Nyepi menggelar pengobatan gratis dan pembagian Sembako di Pura Satya Loka Arcana, Bogor. Kegiatan pengobatan gratis ini digelar tiap tahun.

Ketua Yayasan Dharma Santhi Giri Banjar Ciangsana, I Ketut Muria mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan Tri Hita Karana (THK) yakni hubungan antara manusia dengan manusia. Ia berharap melalui kegiatan ini bisa terbentuk rasa toleransi antarumat beragama serta mengajarkan generasi muda untuk tidak menyebarkan unsur kebencian namun berbagi.

Baca juga:  Di Tabanan, Harga Daging Ayam Capai Rp 45 Ribu Per Kilogram

“Kami ingin ini berkelanjutan, tidak sampai di sini. Kita mesti horizontal dan menghormati, memberikan sesuatu kepada sesama,” jelasnya.

Ia menekankan generasi muda diajarkan tidak menyebarkan kebencian tapi diajarkan berbagi. Caranya dengan memberikan kepercayaan pada generasi muda untuk mengelola pembagian sembako.

Kepala Banjar Ciangsana, Gusti Made Puriayana mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk menjalin keharmonisan antara umat Hindu dengan umat lainnya. “Tidak ada batas antara umat yang satu dengan yang lain. Jangan sampai kita bertolak belakang dan beradu punggung,” ujarnya. (kmb/balitv)

Baca juga:  Disperindag Bali Siapkan Operasi Pasar di 4 Pasar Rakyat
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *