wisatawan
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengikuti aksi bersih-bersih Pantai Pesinggahan, Minggu (4/2). Tahun ini pemkab akan menata pantai tersebut. (BP/adv)

TUMPUKAN sampah di sepanjang Pantai Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung dibersihkan masyarakat setempat, Minggu (4/2). Bupati I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta juga turut terlimbat. Ditegaskan, tahun ini pemkab akan melakukan penataan pantai tersebut.

Melalui itu, kunjungan wisatawan diharapkan bisa menggeliat yang memberikan imbas pada perekonomian masyarakat. Bupati Suwirta menyampaikan, aksi bersih-bersih ini akan mampu meningkatkan semangat gotong royong di desa dan mampu mempercepat penanganan sampah  yang memunculkan kesan kumuh.

Mengingat potensi wisatanya cukup besar dengan dukungan sejumlah objek, pantai tersebut akan di tata Pemkab hingga ke pantai belatung yang akan dijadikan rest area terintegritas dengan pembuatan garam tradisional. Melalui ini, para petani garam yang masih tradisional tetap eksis.

Mendukung terobosan itu, juga akan digelar festival Goa Lawah. Ini diyakini akan mampu menarik wisatawan untuk datang ke Klungkung khususnya Pura Goa lawah yang memang sudah menjadi tujuan wisata favorit. “Pantai Pesinggahan juga akan dijadikan titik pelabuhan dari program Pemerintah, yakni pelabuhan segitiga emas sehingga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di Kecamatan Dawan,” tegasnya.

Baca juga:  2017, 20 Juta Lebih Penumpang Lalui Bandara Ngurah Rai

Perbekel Desa Pesinggahan, I Nyoman Suastika menjelaskan, Kegiatan Bersih pantai atau gotong royong memang rutin dilakukan setiap bulan dengan melibatkan tokoh masyarakat, pecalang, karang taruna, sekaa teruna, PKK, nelayan serta para pedagang yang berdagang di depan Pura Goa Lawah. Kegiatan ini diawali dengan membersihkan pantai di depan Pura Goa Lawah dan berlanjut sampai barat. Pihaknya juga menyampaikan, ditengah cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini, volume sampah meningkat signifikan. “Kegiatan ini akan terus dilakukan,” ucapnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.