Jalan jebol di Desa Pedawa akan segera diperbaiki karena merupakan jalur strategis. (BP/ist)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Jalan kabupaten di Dusun Ingsakan, Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, selain nyaris putus juga mengalami kerusakan berat pada jembatan yang menghubungkan Desa Sidatapa, Pedawa, dan Desa Tigawasa. Mengingat jalur ini sangat strategis, Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG. berjanji mempercepat perbaikannya.

Wakil Bupati mengatakan, kerusakan jalan kabupaten di Dusun Ingsakan tergerus hingga lebih dari setengah badan. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena fungsinya tidak saja membantu jalur ekonomi di desa setempat, namun juga berfungsi sebagai jalur alternatif bagi pengendara ke Denpasar.

Selain itu, jembatan penghubung Desa Sidatapa, Pedawa dan Desa Tigawasa memerlukan penanganan secepatnya. Hal ini karena jembatan darurat yang sudah dibangun oleh warga tidak menjamin akan memperlancar arus lalu lintas, namun justru membahayakan. “Kita akan segera tangani kerusakan jalan dan jembatan ini. Dinas PUPR sekarang menghitung dana yang diperlukan,” katanya.

Baca juga:  Bali Kelebihan Suplai Daging Babi dan Sapi, Pelaku Horeka Justru Impor

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Ketut Suparta Wijaya mengatakan, untuk jalan yang tergerus perbaikannya dengan konstruksi batu yang diperkuat dengan beton bertulang. Konstruksi ini karena tanah di lokasi kejadian itu labil, sehingga jika hujan berintensitas tinggi bisa saja akan tergerus. “Jalan ini merupakan jalur yang sangat strategis menuju Denpasar dan belakangan mulai dijadikan jalur tour bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Desa Bali Aga (Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa) hingga berakhir di kawasan wisata Lovina,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.