Menhan RI Ryamizard Ryacudu (tiga kiri) bersama perwakilan dari Lima Negara Asean pada acara "Our Eyes" Soft Launching, Kamis (25/1) di Nusa Dua. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dalam menghadapi ancaman bersama di kawasan khususnya terorisme dan radikalisme, Indonesia bersama lima negara yang ada di kawasan Asia Tenggara (Asteng), yakni Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura sepakat bekerjasama. Kerjasama “Our Eyes” ini merupakan kerjasama pertukaran informasi strategis dalam rangka memperkuat kerja sama regional.

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan acara “Our Eyes” Soft Launching oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu bersama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Brunei Darussalam Dato Seri Pahlawan Haji Abdul Aziz bin Haji Mohd Tamit, Wamenhan Malaysia YB Dato’ Sri Mohd Johari bin Baharum, Undersecretary for Defence Operation DOD Philippines Cesar B. Yano, Senior Minister of State for Defence and Foreign Affairs Singapore Dr. Mohammad Maliki bin Osman dan Wamenhan Thailand Jenderal Chaichan Changmonkol, Kamis (25/1).

Baca juga:  Pinang Paylater Permudah Pelaku Usaha AgenBRILink Akses Permodalan

Konsep “Our Eyes” merupakan platform kerja sama konkrit yang digagas oleh Menhan RI dan telah didukung secara aklamasi oleh para Menhan ASEAN. Konsep ini seperti konsep “Five Eyes” Amerika dan sekutunya yang melibatkan unsur kerja sama pertahanan/militer dan jaringan intelijen secara terintegrasi.

“Dengan adanya kerja sama “Our Eyes” ini, maka negara-negara ASEAN diharapkan dapat lebih cepat, tepat, akurat dan kekinian dalam menanggulangi ancaman radikalisme, estrimisme dan terorisme sehingga dapat meminimalisir korban,” kata Menhan. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Ini Disampaikan Presiden Kepada Negara Kawasan Untuk Pemulihan Ekonomi

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *