Dirut Kimia Farma, Honesti Basyir. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kimia Farma meresmikan fasilitas produksi rapid test (RT) di Denpasar, Rabu (24/1). Menurut Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir, terdapat 5 produk RT yang siap diproduksi massal.

Kelima produk ini adalah kehamilan (hCG test), Hepatitis (HBsAg test), Sifilis, Malaria, dan Dengue (IgG/IgM test). Rencananya awal produksi akan dilakukan pada Februari.

Selain 5 produk tersebut, ia menjelaskan ada dua test kit yang sedang proses pengembangan. “HIV 1 dan 2 Test serta Drug Test; yang terdiri atas Morphine Test, Cocaine Test, Mariyuana Test, Amphetamine Test, Methamphetamine Test, Ecstasy Test, dan Benzodiazepine Test, sedang kami kembangkan,” ujarnya.

Menurutnya Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma merupakan pabrik yang dapat memproduksi alat diagnostik rapid skala industri di Indonesia. Produk alat kesehatan test kit yang dihasilkan dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit, tes medis untuk pemeriksaan atau screening medis awal dengan menggunakan peralatan yang sederhana serta memberikan hasil dalam waktu yang cepat. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.