temu wirasa
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membagikan kartu JKN-KIS kepada masyarakat saat temu wirasa, Selasa (23/1). (BP/adv)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Temu wirasa yang digelar Pemkab Klungkung terus berlanjut. Setelah Kecamatan Banjarangkan dan Klungkung, Selasa (23/1) menyasar Kecamatan Dawan yang dipusatkan di Banjar Ulunsui, Desa Sampalan Klod. Pada acara yang dihadiri ratusan masyarakat dan tokoh ini, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyatakan komitmen untuk membangkitkan potensi pariwisata untuk mendongkrak pendapatan daerah.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekda Klungkung, Ketut Suayadnya yang membuka kegiatan acara menyatakan program temu wirasa rutin berlangsung setiap tahun yang menyasar seluruh kecamatan. Tujuannya untuk menyerap aspirasi masyarakat serta menerima saran maupun kritik untu program atau kegiatan pembangungan di Kabupaten Klungkung.

Usai memaparkan program pemkab dan berbagai inovasi yang sudah dibuat, serta capaian yang sudah berhasil diperoleh selama 4 tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Bupati Suwirta menyampaikan upaya peningkatan Pendapatan Aslii Daerah (PAD) kedepannya. Khusus di Kecamatan Dawan, menurutnya ada banyak potensi-potensi yang bisa digarap. Seperti Pantai Belatung dan Goa Lawah, Desa Pesinggahan.

Tahun ini, itu akan disulap menjadi rest area sehingga mampu mendongkrak pariwisata. Rencana ini juga terintegrasi dengan garam yang kini masih digeluti sejumlah masyarakat, sehingga bisa tetap bertahan. Anggaran yang dipersiapkan pun tak tanggung-tanggung, yakni mencapai Rp 3,5 miliar. “Potensi pariwisata cukup besar. Ini terus kami bangkitkan. Kami ingin masyarakat juga terlibat dalam pembangunan,” tegasnya.

Baca juga:  Temu Wirasa di Nusa Penida, Warga Acungi Jempol Pembangunan Infrastruktur

Mendukung hal tersebut, di Kecamatan Dawan juga akan digelar festival Goa Lawah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain yang dipaparkan itu, peningkatan pendapatan juga diilakukan dengan ektensifkasi potensi lain, seperti pembangunan pelabuhan segitiga emas dan menyulap eks Galian C sebagai objek wisata baru. “Galian C memiliki potensi yang luar biasa karena merupakan kawasan strategis pariwisata. Kedepan Klungkung harus mengambil langkah-langkah ekstensifikasi agar PAD Klungkung meningkat,” ungkap bupati asal Nusa Ceningan ini.

Dalam sesi penyampaian aspirasi, masyarakat sangat mengapresiasi program-program yang sudah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung, diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi serta inovasi lain yang sudah memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan. Pada kesempatan itu, Bupati Suiwrta juga membagikan kartu JKN-KIS kepada sejumlah masyarakat. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.