PNS
Ratusan atlet berprestasi diangkat menjadi PNS. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 137 Atlet yang memiliki prestasi mulai dari tingkat dunia hingga tingkat regional Asia Tenggara, memperoleh kabar gembira berupa pengangkatan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan formasi khusus.

“Kami berharap dengan adanya motivasi baru ini para atlet tidak memikirkan lagi hal-hal terkait apa pekerjaan mereka di masa depan setelah tidak lagi produktif sebagai atlet, jadi dengan formasi khusus PNS ini, mereka telah memiliki kepastian di masa depannya,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPAN-RB), Asman Abnur, dalam upacara rutin setiap tanggal 17 di Kantor Kemenpora Rabu pagi (17/1).

Menurut Asman, formasi khusus ini merupakan langkah konsisten yang akan diterapkan hingga tahun mendatang tanpa harus melewati tes sebagaimana pengangkatan PNS formasi umum.

“Untuk formasi khusus ini, tidak seperti tes PNS biasa, namun hanya menggunakan Tes TKB (Tes Kompetensi Bidang), meskipun tetap ada proses yang berjalan seperti pra-jabatan dan sebagainya hingga penempatannya setelah prajabatan, Insya Allah ini akan terus konsisten sebagai suntikan motivasi kepada olahragawan berprestasi,” tambah Asman.

Selanjutnya ia menyerahkan sepenuhnya kepada Kemenpora untuk mengambil langkah bagi atlet PNS yang tidak lagi menjadi atlet, agar bisa ditempatkan diseluruh Kementerian/lembaga/Dinas Pemuda dan Olahraga yang membutuhkan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan ucapan terimakasih atas pengangkatan 137 atlet sebagai PNS melalui formasi khusus ini kepada MenPAN-RB. Langkah ini menurutnya menjadi langkah besar Presiden Joko Widodo yang memiliki komitmen kuat dan keberpihakan yang lebih baik pada dunia olahraga di Indonesia.

Baca juga:  Dua Oknum PNS Korupsi Diberhentikan

“Kami akan terus mengawal para atlet sejak awal mereka mengikuti pemusatan latihan, mulai dari pemberian honor dan gaji yang layak agar mereka terus bersemangat dan fokus pada prestasi, lalu memantau asupan nutrisi dan gizinya, memantau pelatihannya, hingga diujungnya saat mereka berprestasi tambahan bonus juga akan diberikan oleh pemerintah,” jelas Menpora.

Sebanyak 137 atlet yang diangkat menjadi PNS adalah peraih medali pada Olimpiade dan Paralympiade (Peraih medali emas, perak, dan perunggu) atau Kejuaraan Tingkat Dunia lainnya, peraih medali di ajang Asian Games (Peraih medali emas dan perak) dan Peraih emas SEA Games 2015 hingga 2017.

Untuk pertama kalinya juga dalam sejarah, tidak ada perbedaan penghargaan yang diterima antara atlet normal dan atlet dengan disabilitas sebagaimana halnya penerimaan bonus yang diterima oleh atlet berprestasi pada Olimpade dan Paralimpiade, hingga SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur, beberapa waktu lalu.

Ni Nengah Widiasih, atlet dengan disabilitas pada cabang olahraga angkat berat kelas 41 Kg, peraih perunggu Paralympic Games Rio 2016 dan juga emas pada ASEAN Para Games 2017 lalu menyampaikan terimakasih atas pengangkatan sebagai PNS yang diterimanya.

“Terimakasih untuk Pemerintah, Bapak Presiden, Bapak Menpora dan Bapak MenPAN RB, Kami dihargai sangat luar biasa. Dengan adanya pengangkatan sebagai PNS ini kami punya tangungjawab besar untuk memberi yang lebih baik lagi untuk Indonesia,’’ ucap atlet 28 tahun asal Karangasem, Bali ini dengan haru dan bangga. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.