Ilustrasi. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Wilayah Bali saat ini sudah mulai masuk puncak musim hujan. Dalam 3 hari ke depan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Bali tengah, timur dan sebagian Bali barat.

Kondisi hujan biasanya terjadi pada waktu siang hingga sore hari. Sementara untuk malam hari potensi hujan cenderung terjadi di wilayah Bali selatan.

Dikonfirmasi, Minggu (14/1), prakirawan BBMKG Wilayah III Denpasar, Lia mengatakan, kondisi angin sempat meningkat beberapa hari ini. Namun dikatakan itu hanya berdurasi singkat. “Kecepatannya itu tidak tentu, tapi rata-rata maksimal mencampai 30-40 km/jam selama beberapa menit saja,” katanya.

Dijelaskannya, peningkatan angin selama beberapa menit belakangan masih wajar, terutama pada saat musim penghujan saat ini. Untuk itu masyarakat diminta agar lebih berhati-hati dalam menghadapi potensi ini. Utamanya terkait hujan lebat disertai angin kencang dan kilat petir. “Kalau kondisi angin normalnya saat ini itu berkisar 5-20 km/jam. Kondisinya ini terkadang meningkat tiba-tiba mengikuti hujan atau bahkan tanpa disertai hujan,” jelasnya.

Baca juga:  Meski Masuk Zona Merah, Umat Hindu Tetap Bersembahyang saat Pujawali Pura Pasar Agung

Terhadap kondisi tersebut, pihak BBMKG wilayah III Denpasar memberikan imbauan kepada masyarakat. Terutama terkait potensi angin kencang yang bertiup secara tiba-tiba belakangan ini. Bahkan Minggu (14/1) sore sekitar pukul 14.30 wita, angin kencang sempat terjadi beberapa menit dan membuat barang dagangan warga di jalan batu mejan Echo Beach diterbangkan angin.

Selain angin, kata Lia, peningkatan juga terjadi pada gelombang laut di perairan Bali selatan. Menurutnya, ketinggian gelombang di perairan Bali selatan bisa mencapai maksimal 3,5 meter. “Ini sudah terjadi sejak 2 hari yang lalu,” tambahnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.