Bawang merah. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bawang merah bagus untuk kesehatan. Sebab, bawang merah mengandung flavonoid yang dapat menurunkan produksi LDL atau kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, senyawa tersebut juga memiliki kemampuan antiinflamasi untuk mencegah terjadinya arthritis. Manfaat lain dari bawang merah adalah kandungan vitamin C dan fitokimia yang dapat membantu membangun kekebalan tubuh serta pembentukan kolagen yang bertanggung jawab untuk kesehatan kulit dan rambut. Ada pula senyawa Quercetin yang berperan dalam pencegahan kanker, terutama kanker perut dan kolorektal.

Ada juga senyawa kromium yang membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan ini bagus bagi orang-orang yang terkena diabetes.

Bagi Anda yang mengalami depresi dan kesulitan tidur, kandungan folat di bawang merah dapat membantu mengatasi kedua masalah tersebut. Mencampurkan jus bawang merah dan madu juga efektif sebagai obat demam dan alergi.

Baca juga:  Bali Surplus Beras, Bawang Merah dan Cabai

Di sisi lain, cara mengonsumsi bawang merah dapat membawa manfaat yang berbeda. Contoh, mengonsumsi bawang merah mentah dapat meningkatkan kesehatan mulut dan bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah bau mulut. Bawang merah mentah membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan gusi.

Fakta lain yang perlu diketahui tentang umbi ini adalah bawang merah dapat mengatasi mimisan. Caranya potong bawang merah seukuran dadu dan diletakkan di bawah lubang hidung. Kemudian hiruplah gas yang keluar dari bawang untuk menghentikan atau memperlambat pendarahan. (Goes Arya/balipost)

Sumber : Okezone

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.