JAKARTA, BALIPOST.com – International Society for Krishna Consciousness (Iskcon) beserta ormas bernafaskan Hindu merayakan Gita Jayanti 2017 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata. Hadir dalam acara yang mengusung tema “Berbangsa dalam persaudaraan dan Bersaudara dalam kebangsaan” itu Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Tampak hadir Perwakilan Dharma Adyaksa Sabha Pandita Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat, Guru Kerohanian Umat Hindu, serta ratusan umat Hindu dari berbagai daerah. Hadir mendampingi Menag, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kemenag RI I Ketut Widnya.

Menag mengatakan, acara Gita Jayanti Nasional ini menjadi wahana untuk mengekspresikan cita rasa seni, budaya dan religiusitas, juga sekaligus sebagai media merevitalisasi nilai-nilai luhur agama Hindu. Menurutnya, umat Hindu menunjukkan semangatnya yang besar untuk terus memelihara dan menginternalisasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kitab suci Bhagawad Gita agar tidak mudah pudar dari dampak negatif modernisasi.

Baca juga:  Edarkan Kokain, Ini Ancaman Hukuman WN Jerman

“Acara ini tidak saja penting,tetapi juga dibutuhkan untuk memberi ruang besar kepada seluruh umat Hindu , agar terus dapat berkontribusi dengan menjadikan Bhagawad Gita sebagai pedoman praktis dalam kehidupan,” kata Menag.

Menag menyebutkan adanya tuntunan etika, moralitas dan filosofis dari ajaran Bhagawad Gita perlu terus digaungkan kembali, demi terwujudnya kehidupan yang bercita rasa seni, berbudaya, beradab, dan religius serta terwujudnya kebahagian lahir dan batin atau Moksartam Jagat Hita.

Pelaksanaan Gita Jayanti Nasional ini kembali dikatakan Menag, sejalan dengan isi pokok Bhagawad Gita yang tidak hanya bersifat filosofis dan rasional tetapi juga menjadikan etika sebagai aspek yang fundamental dalam menjalani kehidupan. “Bhagawad Gita bahkan telah menjadi teologi pembebasan bagi banyak tokoh dunia, seperti Mahatma Gandhi, Nelson Mandela hingga Ir. Soekarno,” ujar Menag.

Baca juga:  Berkas Ferdy Sambo dan 3 Tersangka Dikembalikan, Jampidum Ungkap Alasannya

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga mengapresiasi penyelenggara yang bisa memahami konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Acara Gita Jayanti Nasional menurut Menag adalah sumbangsih nyata umat Hindu dalam memperkuat kekayaan bangsa melalui keberagaman agama, seni dan budaya. Keanekaan yang begitu subur tumbuh di atas bumi pertiwi adalah aset bangsa yang tak ternilai harganya.

“Di sisi lain, acara ini juga sangat bermakna untuk menenun kembali kerukunan, kebersamaan dan rasa persaudaraan tanpa batas melalui konsep Tat Twam Asi, Tri Hita Karana, maupun Wasudewa Kutum Bakam,” ujarnya.

Baca juga:  Perayaan Imlek Saat Pemilu, Simbol Kebangkitan dan Harapan Baru

Menag berharap, makna acara ini tidak berhenti untuk memperkokoh persatuan intern umat Hindu, namun juga diwujudnyatakan untuk membangun sikap hidup dengan saling menghargai dan menghormati yang ujungnya bermuara dengan terpeliharanya kerukunan dengan-saudara-saudara umat beragama lainnya.

“Terlebih keberagaman dan toleransi kita sedang dan terus diuji oleh banyak kejadian baik yang terjadi di daerah maupun berskala nasional. Meskipun Indonesia sangat majemuk dengan berhiaskan suku, agama, adat istiadat dan budaya yang beranekaragam, namun sebagai satu bangsa yang berbingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

“Nilai luhur dengan memiliki umat Hindu akan terus yang sebagai satu nilai sekalian pilar kedalam rupa termasuk bagaimana kita berdampingan berbeda iman sekalipun,” kata Menag. (kmb/balitv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *