pabrik
Kepala BNN Komjen Budi Waseso saat berkunjung ke Pura Durga Kutri, Desa Buruan Blahbatuh. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso masih mewaspadai tingginya pengiriman narkoba masuk ke Bali, termasuk mengantisipasi adanya pabrik narkoba di pulau dewata ini. Hal ini diungkapkan Jendral bintang tiga yang akrab disapa Buwas itu saat berkunjung ke Kabupaten Gianyar, Jumat (15/12).

Buwas mengatakan bahwa jajaranya sudah mengungkap pabrik narkoba yang beroperasi di Semarang dan Solo, hingga terakhir penggerebekan di Tangerang. “Belum tentu yang di Tangerang merupakan akhir pembuatan narkoba,” tegas Buwas diwawacarai sebelum sholat Jumat di masjid Al Ala, Gianyar Jumat siang.

Dikatakannya, peredaran narkoba di Indonesia masih tinggi, termasuk di Bali yang notabena sebagai daerah destinasi wisata, tempat berkumpulnya wisatawan daeri berbagai belahan Negara. “ Mungkin masih banyak  pabrik di daerah lain termausk mungkin saja bisa di Bali, “ ucapnya.

Sebab itu pihaknya dari BNN pun meminta seluruh elemen masyarakat ikut membantu mengungkap kejahatan narkoba ini. Dikatakan hal ini sesuai perintah Presiden Jokowi bahwa Indonesia sedang darurat narkoba sehingga wajib untuk perangi bersama. “ Memerangi bukan berarti  melawan langsung, bisa dengan diadukan ke kepolisian atau BNN, bila ada yang dicurigai penyelahguna narkoba, “ jelasnya.

Baca juga:  Kapolda Ancam Tembak di Tempat Anggotanya yang Terlibat Narkoba

Ditambahkan terkait upaya BNN dalam menangkal narkoba, Komjen Buwas terus berupaya membangun kesadaran masyarakat, terutama pada kalangan muda bahwa narkoba adalah benda yang sangat berbahaya. “Kami juga menyasar anak-anak TK, SD dan SMP. Kami sampaikan, siapa yang gunakan narkoba dia bisa sakit, tidak bisa belajar apalagi meraih cita-citanya,” ungkapnya.

Komjen Buwas juga menegaskan bahwa Bali masuk zona rawan narkoba karena menjadi daerah pariwisata. Sehingga banyak warga asing dating ke Bali, termasuk banyak pula wisatawan yang tersangkut pelayahgunaan narkotika. “ Ya harapannya, masyarakat Bali dengan segala usia memahami ini,” ungkapnya.

Selama kunjungan di Kabupaten Gianyar pada Jumat, Komjen Buwas mendatangi beberapa tempat peninggalan kuno. Pertama Buwas sembahyang di Pura Durga Kutri di Desa Buruan Kecamatan Blahbatuh. Dari Durga Kutri, Buwas sholat Jumat di Masjid Al Ala Gianyar. Usai Jumatan, Buwas menuju Pura Gunung Kawi di Kecamatan Tampaksiring. (manik astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.