TANGERANG, BALIPOST.com – PT Angkasa Pura II melakukan uji coba pengoperasian Skytrain atau kereta layang Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) untuk trek Terminal 2 ke Terminal 1 dan sebaliknya, Jumat (10/11). Simulasi tersebut dilakukan tim penguji termasuk pengemudi dan tidak melibatkan penumpang atau personil lainnya.

Adapun simulasi mencakup pengecekan trek, shelter, dan operasional kereta. Setelah dilakukan simulasi selama kurang lebih satu minggu, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebagai syarat pengoperasian kereta layang untuk rute Terminal 2 – Terminal 1.

Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, uji coba ini menandai dimulainya proses menuju pengoperasian kereta layang untuk melayani perpindahan penumpang di Terminal 1. “Dimulai dari simulasi lalu verifikasi dari regulator, kami harapkan kereta layang di Terminal 1 sudah dapat dioperasikan pada pertengahan bulan ini,” katanya.

Baca juga:  Petani Garam Desa Kelating Terancam Punah

Terhubungnya seluruh terminal dengan jalur kereta layang sepanjang 3 km, kata Awaluddin, akan meningkatkan standar pelayanan kepada penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan membawa bandara ini sejajar dengan bandara berkelas dunia lainnya. Lebih dari itu, hadirnya kereta layang yang memiliki teknologi modern juga merupakan simbol dari kemajuan dunia transportasi di Indonesia.

Seperti diketahui, sejak 17 September lalu kereta layang telah melayani perpindahan penumpang pesawat untuk transit dan sebagainya dari Terminal 3 ke Terminal 2.

Baca juga:  Mulai Marak, Kalangan Pengusaha Badung yang Manfaatkan Air Laut

Apabila kereta layang sudah melayani seluruh terminal maka pengembangan selanjutnya terkait kereta layang ini adalah pembangunan shelter di integrated building yang terkoneksi dengan stasiun kereta bandara, sehingga jalur atau trase saat sudah beroperasi penuh adalah Terminal 3 – Terminal 2 – integrated building – Terminal 1.

Saat ini shuttle bus antarterminal dapat melayani penumpang hingga 2.200 orang per harinya dimana nantinya diperkirakan ketika kereta layang beroperasi penuh akan melayani perpindahan antarterminal sekitar 70-80% traffic penumpang antarterminal setiap harinya dengan tambahan frekwensi pergerakan kereta layang.

Baca juga:  Bandara Soetta Masuk 10 Besar Bandara Tersibuk Dunia

Kehadiran kereta layang di integrated building ini nantinya akan mempermudah penumpang kereta bandara untuk menuju terminal ataupun sebaliknya dari terminal menuju stasiun.

Adapun kereta bandara dengan rute Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper – Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditargetkan dapat mulai melayani masyarakat dalam waktu dekat. “Beroperasinya kereta layang dan kereta bandara diharapkan membawa peringkat Bandara Internasional Soekarno-Hatta meningkat dari saat ini di posisi 40 dunia, selain tentunya kami juga menargetkan bandara terbesar di Indonesia ini dapat meraih sertifikasi Bintang 5 dari Skytrax,” papar Awaluddin. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *