Ubi Ungu. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Ubi jalar atau juga dikenal sebagai ketela rambat ini memang memiliki banyak varian warna yang diantaranya terdiri dari ubi ungu, merah dan juga kuning. Tanaman dengan nama ilmiah Ipomoea batatas ini diketahui sangat kaya akan karbohidrat didalamnya dan cocok untuk pengganti beras atau juga gandum.

Ubi jalar sendiri disebut oleh ahli gizi sebagai makanan yang kaya nutrisi. Beberapa zat penting yang ada pada panganan tersebut antara lain beta karoten, zat besi, mangan, folat serta tembaga.

Untuk mendapatkan manfaat dari ubi ungu ini, ada baiknya dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Selain lebih mudah mengonsumsi, juga bisa dikombinasikan dengan sejumlah bahan lainnya sehingga lebih lezat dan berkhasiat untuk tubuh.
Berikut, manfaat jus ubi ungu untuk kesehatan, dikutip dari berbagai sumber :

1. Mencegah kanker

Warna ungu pada jus ubi dihasilkan dari senyawa flavonoid yang paling menyolok adalah antosianin, yang merupakan pembentuk dasar pigmen warna pada ubi ungu senyawa tersebut merupakan senyawa aktif untuk pencegah kanker, virus dan juga anti-inflamasi. Warna ungu yang anda memperkuat aktioksidan dalam tubuh sehingga mampu mencegah radikal bebas dan juga memutus mata rantai penyebaran sel kanker.

2. Menjaga berat badan

Baca juga:  Gizi Pada Telur dan Manfaatnya bagi Tubuh

Karbohidrat yang ada pada jus ubi sangat baik jika masuk kedalam tubuh. Dikombinasikan pula dengan kandungan serat yang ada pada jus tersebut menjadi kesatuan yang mampu menjaga berat badan.

3. Sumber vitamin untuk tubuh

Jus ubi ungu ini selain enak juga kaya vitamin. Dalam satu porsi jus ubi, sudah bisa diperoleh vitamin dan mineral seperti A, C dan E, beta karoten, magnesium, dan kalium.

4. Menurunkan tekanan darah

Senyawa Fitokimia Antioksidan pada jus ubi ungu memberikan pengaruh terhadap tekanan darah secara tidak langsung. Efeknya dapat menurunkan tekanan darah ke ambang normal hal ini berlaku bagi para penderita hipertensi atau darah tinggi.

Penelitian yang dilakukan American Chemical Society tahun 2012 menemukan fakta, konsumsi ubi ungu mampu menjaga tekanan darah.

5. Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan yang berlimpah pada jus ubi ungu ini berperan aktif dalam hal pencegahan penyakit jantung dan juga menjaga kinerja jantung yang lebih sehat.

6. Baik untuk penderita diabetes

Rasa manis yang dihasilkan jus ubi ungu jika belum dicampur gula sangat bersahabat bagi para penderita diabetes. Jus tersebut memiliki index glycemic yang sangat rendah dibandingkan nasi atau gandum. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.