Siswa berada dalam bus sekolah yang disiapkan gratis oleh Pemkab Buleleng. Denpasar juga berencana mengoperasikan bus sekolah. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Pengoperasian bus sekolah di Denpasar akan mulai diuji coba pada Senin (13/11) mendatang usai perayaan Kuningan. Menurut Kepala UPT Pelayanan Transportasi Darat Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Dewa Ketut Adi Pradnyana, bus sekolah ini beroperasi dalam dua shift, mulai pukul 05.30 hingga 19.30 wita.

Rute keberangkatan dan titik kumpul terdapat 6 rute di pagi hari dan 7 rute di siang hari. Rute khusus di Kecamatan Denpasar Utara untuk Pagi: Bus 1 mulai dari Jl Suadipa menuju Jl Antarasura-Jl Nangka Utara-Jl Nangka Selatan-Jl Patimura-Jl Kamboja-Jl Gadung-Jl Jepun-Jl Angsoka-Jl Melati-Jl Patimura-Jl Supratman-Jl Meduri kembali ke Jl Kenyeri. Tempat siswa naik dan turun (drop zone) bus sekolah ini di Batu Mekaem, Puri Peguyangan, Indomaret Antasura, Hotel Nuansa Indah dan Ex Bank BI.

Rute Denpasar Timur Pagi: Bus 1 mulai di Cekomaria menuju Jl Padma Seroja-Jl Gatot Subroto Tengah-Jl Ratna (SD Saraswati 6)-Jl Kenyeri-Jl Turi (SMPN 8)-Jl Subita-Jl Wr Supratman-Jl Plawa (SMPN 3)-Jl Kamboja (SMP Saraswati). Dengan drop zone di Toko 3 Pilar Mas dan Tri Nadhi Alat Tulis.

Baca juga:  Optimis, Proyek Pasar Badung Tahap I Selesai Tepat Waktu

Bus 2 melalui rute Jl Trenggana-Jl Siulan—Jl Wr Supratman-Jl Meduri (SMPN 8)-Jl Subita- Jl Wr Supratman-Plawa (SMPN 3)- Jl Jepun-Kamboja (SMP Saraswati)-Surapati (SMPN 1). Dengan Drop Zone, Indomart Trenggana, Asiki Alat Tulis dan Fave Hotel. “Itu rute yang dilalui Bus Sekolah semoga masyarakat mengetahuinya,” ujarnya.

Bus sekolah ini baru bisa diterapkan di dua kecamatan. Untuk kecamatan lainnya akan dilakukan secara bertahap. Bus ini memiliki fasilitas aplikasi mobile phone “Si_Bused” (sistem informasi Bus Sekolah). Aplikasi Si_Bused ini untuk memberikan notifikasi, menampilkan live cctv di dalam kendaraan, mengkomunikasikan perubahan jadwal sekolah secara realtime, merekam data identitas penumpang secara akurat, memberikan data petugas yang bertugas data itu dan memberikan informasi penting lainnya. Selain itu bus juga dilengkapi wifi gratis, CCTV, full AC, multimedia, smart card, slot charger serta asuransi penumpang. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.