Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta membuka Porcam Klungkung. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam) Klungkung dan Gala Desa 2017 telah berlangsung. Pembukaannya dilakukan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampngi Ayu Suwirta, dan Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga I Gusti Ngurah Bagus Sucitra di Lapangan GOR Swecapura, Gelgel, Minggu (22/10). Melalui program tahunan ini didorong munculnya olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi baik nasional, regional dan internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung, I Nyoman Mudarta menyatakan Gala Desa menjadi salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendukung gerakan masyarakat sehat (GERMAS) melalui program ayo olahraga. Lomba yang diikuti 15 Desa/Kelurahan ini terselenggara dari 21 Oktober hingga 5 Desember dengan mempertandingkan 6 cabang olahraga. Yakni sepak bola dilaksanakan di Lapangan Umum Dawan, bola voli di Lapangan Desa Dawan Klod, tenis meja di Gedung PB Hikada Koripan Desa Banjarangkan, Bulutangkis di GOR Prajasanti Tojan, sepak takraw di Lapangan Puputan Klungkung, dan cabang atletik di Lapangan Desa Paksebali.

Sementara itu, untuk Porcam yang berlangsung dari 22 sampai 29 Oktober dengan peserta 18 desa/kelurahan mempertandingkan 7 cabang olahraga. Yakni atletik lari 100 meter dan tolak peluru yang dilaksanakan di Lapangan Desa Kamasan, futsal di Lapangan Futsal Kenyeri Kelurahan Semarapura Klod, tenis meja di Gedung PB Hikada Koripan Desa Banjarangkan, bulutangkis di GOR Prajasanti, catur di SDN 1 Akah, bola voli di Lapangan GOR Swecapura, dan bilyard di Lobi GOR Swecapura.

Baca juga:  Tangani Pengungsi, Mengacu pada NKRI

Pelaksanakan dua kegiatan ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melakukan gerak jasmani agar memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan prima sehingga dapat berperan serta untuk mensejahterakan masyarakat. “Sangatlah penting untuk meningkatkan sportivitas dan solidaritas masyarakat sekaligus membangun karakter tangguh. Ini juga untuk memunculkan bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga baik nasional, regional dan internasional,” tegasnya.

Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga I Gusti Ngurah Bagus Sucitra menyampaikan olahraga bisa dijadikan solusi untuk menyelesaikan segala persoalan, baik sosial, bencana alam, dan lainnya. “Ini untuk meningkatkan ketahanan nasional, sehingga dapat membangun daerah dalam upaya membangun pembangunan nasional,” ungkapnya.

Kegiatan ini oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap dunia olahraga di kabupaten, provinsi dan pusat. Tak hanya itu, output dan outcome juga harus sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan. “Hasil kegiatan ini bisa dicatat dengan baik, agar bisa dievaluasi lebih lanjut,” pintanya.

Pada pembukaan ini, diisi penampilan marching Band Gita Taruna dari SMP Negeri 2 Semarapura, pembacaan janji atlet dan wasit, dan penyerahan piala Gala Desa dari Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga I Gusti Ngurah Bagus Sucitra kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, serta penyerahan Hadiah Lomba Kite Festival 2017. Ini pun diisaksikan sejumlah pejabat dan pimpinan instansi terkait dilingkungan pemkab. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.