TABANAN, BALIPOST.com – Mendorong siswa untuk melakukan aktivitas menabung, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Denpasar melaksanakan kegiatan Ayo Menabung dengan BNI Simpel. Kegiatan ini mengikutsertakan hampir 1.000 siswa SMP dan SMA di sejumlah kabupaten seperti di Tabanan, Bangli, dan Klungkung.

Acara yang berlangsung di SMPN 2 Tabanan, Kamis (19/10) juga dihadiri Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Kepala OJK Bali, Kadisdik Tabanan, serta sejumlah perwakilan Kepala Sekolah. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemimpin Kantor Cabang Utama BNI Denpasar dengan Kepala Dinas Pendidikan Tabanan dalam penggunaan BNI Simpanan Pelajar (Simpel) sebagai rekening tabungan yang akan digunakan oleh siswa se-kabupaten Tabanan.

Dilakukan pula penyerahan simbolis penerima kartu BNI Simpel dari 9 perwakilan sekolah, penyerahan apresiasi untuk siswa berprestasi, Kartu Indonesia Pintar (KIP), sertifikat Agen46 dan pemberian CSR.
“Dua program ini yakni BNI Simpel dan Agen46 ini untuk mengedukasi budaya menabung sejak dini pada siswa,” beber Head of consumer banking, Viktor L Saragih mewakili Pemimpin BNI wilayah Bali dan Nusra.

Lanjut disampaikannya, tabungan BNI Simpel adalah tabungan untuk siswa yang diinisiasi oleh OJK yang diperuntukkan bagi siswa tingkat PAUD hingga SMA yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia. “Persyaratannya mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, jadi sangat memudahkan siswa dalam menabung, dan yang menarik tidak dikenakan biaya administrasi rekening bulanan maupun biaya penggantian buku tabungan,” jelasnya.

Baca juga:  Puluhan Siswa SD Bersurat ke Bupati Tolak Tiang Tower

Kemudahan lainnya, transaksi dapat dilakukan oleh para siswa melalui lebih dari 1.997 cabang BNI, 17.000 BNI ATM dan lebih dari 45.000 Agen46 tersebar di seluruh Indonesia. Terkait Agen46, adalah merupakan perpanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan di daerah yang memiliki akses terbatas pada lembaga keuangan.

Sementara untuk jumlah pemegang rekening BNI Simpel hingga akhir bulan Oktober 2017 sudah mencapai lebih dari 400 ribu rekening, atau tumbuh lebih dari 25 persen dibanding posisi Desember tahun 2016. Sejumlah rekening ini dibuka dengan jalinan kerjasama dengan kurang lebih 1.400 sekolah dari SD sampai SMA di seluruh Indonesia.

Selain untuk edukasi menabung sejak dini, produk BNI Simpel juga dipergunakan untuk penyaluran bantuan dana PIP (Program Indonesia Pintar) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk tingkat SMA tahun 2016 serta SMA dan SMK untuk tahun 2017.

Wabup Tabanan, I Komang Gede Sanjaya pada kesempatan tersebut menyambut baik upaya perbankan dalam menggemakan budaya menabung sejak dini. Selain mengajarkan siswa untuk belajar mengendalikan diri dalam bersikap konsumtif serta belajar membelanjakan uang yang dimilikinya secara bijak.

Pihak pemerintah daerah juga berharap program ini bisa terus berkelanjutan untuk mendukung sekolah-sekolah dalam mempermudah para siswa dan guru untuk melakukan aktivitas menabung dan transaksi perbankan lainnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.