Puskesmas Dawan II berpotensi tutup jika lahar dingin Gunung Agung menerjang. (BP/sos)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Lahar dingin yang mengalir ke Tukad Unda, Kabupaten Klungkung jika Gunung Agung erupsi berpotensi menerjang Puksesmas Dawan II yang berlokasi di Desa Gunaksa. Jika itu terjadi, pelayanan puskesmas ini akan ditutup karena pekerja diminta menyelamatkan diri.

Kasubag Tata Usaha, Ni Kadek Arini menyatakan tidak menyiapkan lokasi baru untuk pelayanan. “Sampai sekarang belum ada dibahas pindah layanan. Dikasi tahu kalau ada lahar dingin, untuk petugas dari barat Tukad Unda tidak usah bekerja. Selamatkan diri masing-masing dan barang berharga,” ujarnya, Kamis (19/10).

Langkah demikian secara otomatis menyebabkan pelayanan tutup. Tak hanya pada pemeriksaan rutin, namun juga Unit Gawat Darurat (UGD) dan persalinan yang ada di Ruang Poned. Jika nantinya ada warga Dawan maupun pengungsi yang harus dievakuasi, sepenuhnya diserahkan kepada desa. “Tidak terima pasien. Evakuasinya diserahkan ke desa,” katanya.

Baca juga:  Jika Gunung Agung Erupsi, 70 Ribu Warga Diperkirakan Mengungsi

Jika mengacu pada tragedi 1963, lokasi puskesmas yang terbangun pada 1992 silam ini terkepung lahar dingin disertai material berupa batu dan pasir. “Katanya dulu memang kena dampak,” ucapnya.

Pada hari biasa, puksesmas yang berada di timur Tukad Unda ini rata-rata menerima pasien 75 orang per hari. “Kalau petugas medis, paramedis, dan non medis jumlahnya 65 orang,” tandasnya. (Sosiawan/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.