tumbang
Petugas kepolisian bersama warga membersihkan pohon dan tiang listrik yang tumbang ke jalan raya, Rabu (18/10). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli Rabu (18/10) menyebabkan dua buah pohon dan satu tiang listrik di jalur Bangli-Kayuambua, tepatnya di Banjar Penatahan Susut tumbang ke jalan raya. Akibatnya arus lalu lintas di jalur tersebut sempat terganggu hingga beberapa jam.

Pohon dan tiang listrik tumbang di Jalur Bangli-Kayuambua itu terjadi sekitar pukul 10.20 wita. Tumbangnya material pohon dan tiang listrik ke tengah jalan menyebabkan akses jalan yang ada di lokasi sama sekali tak bisa dilalui kendaraan.

Sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang saat itu hendak melintas di lokasi terpaksa mencari jalur alternative ke arah Demulih. Sementara kendaraan berat yang tak memungkinkan melintas di jalur alternative karena kondisi jalan yang sempit terpaksa mengantre hingga kurang lebih dua jam.

Oleh anggota kepolisian Polsek Susut dibantu masyarat, material pohon dan tiang listrik yang menutup badan jalan diberishkan secara gotong royong dengan alat seadanya. Sekitar pukul 12.00 wita, jalan tersebut akhirnya bisa kembali dilintasi kendaraan.

Kapolsek Susut AKP Ida Bagus Karyawan didampingi Kasi Humas Aiptu Gede Arta Wijaya saat ditemui di lokasi mengatakan, pengevakuasian dan pembersihan pohon tumbang dilakukan pihaknya bersama warga secara manual menggunakan kapak. Hal itu dilakukan lantaran tidak ada alat sensor.

Baca juga:  Prajurit TNI Hijaukan Bukit Abah

Sementara untuk pembersihan tiang listrik beton yang tumbang dilakukan dengan cara menariknya menggunakan kendaraan besar milik warga. Terkait kejadian itu pihaknya sempat menghubungi pihak BPBD. “Tapi dari pihak BPBD menyampaikan pembersihan pohon tumbang di jalur tersebut merupakan kewenangan pihak provinsi karena berada di jalur provinsi,” terangnya.

Selain di Penatahan, hujan deras yang terjadi juga mengakibatkan pohon kelapa tumbang juga terjadi di Dusun Manuk tumbang dan melintang di tengah jalan. Di dusun Demulih, hujan juga menyebabkan tanah longsor dan menimpa pelinggih penunggun karang serta gang warga.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli Ketut Agus Sutapa membenarkan bahwa pembersihan pohon tumbang di jalur Bangli – Kayuambua tepatnya di wilayah Banjar Penatahan merupakan kewenangan pihak provinsi karena lokasinya berada di jalur provinsi. Agus mengatakan, sebagaimana laporan yang diterimanya, selain di Penatahan, hujan deras kemarin juga menyebabkan tanah longsor di Jalan Bau, Bangli. (dayu rina/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.