Wanita Perokok
Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun, banyak orang kesulitan berhenti merokok meski sudah menyadari bahayanya.

Padahal, banyak keuntungan yang didapatkan bagi seseorang yang berhenti merokok. Keuntungan tersebut bahkan sudah bisa dirasakan bagi tubuh pada saat 12 jam setelah berhenti merokok.

Berikut ini adalah hal yang dirasakan tubuh jika Anda berhenti merokok, dikutip dari berbagai sumber :

1. Setelah 12 jam

Setelah 12 jam berhenti merokok, tubuh Anda mulai melepaskan semua racun yang terkait dengan rokok. Selain itu, tingkat oksigen Anda meningkat dan monoksida menurun drastis.

Baca juga:  Hingga 31 Mei, Ribuan Pelaku Perjalanan Manfaatkan Aplikasi Cek Diri

2. Setelah 2 hari

Setelah dua hari, indra utama tubuh Anda mulai bekerja normal kembali. Salah satu contohnya adalah indera pencium dan perasa. Setelah 48 jam, aroma dan rasa lebih jelas dirasakan.

Hal ini terjadi karena rokok adalah salah satu penyebab utama kerusakan pada berbagai ujung saraf yang berhubungan dengan indra Anda.

3. Setelah satu bulan

Secara umum, sesak napas dan batuk adalah masalah yang biasanya terjadi akibat merokok. Setelah sekitar 30 hari tanpa merokok, paru-paru Anda mulai membaik.
Selain itu, kondisi fisik secara bertahap akan membaik dan batuk akan hilang sama sekali.

Baca juga:  Mereduksi Prevalensi Perokok di Bali

4. Setelah 9 bulan

Setelah sembilan bulan berhenti merokok, fungsi sistem pernapasan Anda akan meningkat. Hal ini terjadi karena tubuh akan membersihkan bronkus dan silia, yaitu struktur yang ditemukan di dalam paru-paru.

Selain itu, sistem peredaran darah Anda juga bekerja lebih baik. Darah beroksigen bergerak lebih mudah melalui arteri Anda dan mencapai organ utama tubuh.

5. Setelah 5 tahun

Sistem peredaran darah sangat mudah terkena dampak negatif oleh racun dalam produk tembakau. Karena itu, wajar saja penyembuhannya memakan waktu lebih lama.

Baca juga:  Terus Bertambah, Jumlah Pasien Positif COVID-19 Sembuh di Jatim

Setelah lima tahun tidak merokok, sistem peredaran darah Anda hampir pulih total. Arteri dan vena akan kembali ke ukuran normalnya dan kemungkinan penyakit jantung Anda sangat berkurang. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *