Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didamping Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Rabu (20/9) berziarah ke TMP di Baucau. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Perayaan HUT ke-72 TNI tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Istimewanya prajurit Kodam IX/Udayana dikirim ke Timor Leste untuk memperbaiki Taman Makam Pahlawan di daerah Baucau. Setelah itu, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Rabu (20/9) berziarah ke sana dan ke Taman Makam Pahlawan lainnya.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf J. Hotman Hutahaean, S.Sos., dalam siaran persnya di Makodam, Denpasar, Jumat (22/9), menyampaikan kehadiran Panglima TNI ke Timor Leste disambut baik pemerintah setempat. Itu terbukti Jenderal Gatot Nurmantyo disambut dengan upacara militer. “Ini sebagai bukti hubungan pemerintah, khususnya militer Indonesia dengan Timor Leste baik-baik saja. Tidak ada masalah walaupun sebelumnya Timor Leste (eks-Timor Timur) pernah menjadi Provinsi ke-27 di Indonesia,” ujarnya.

Hubungan baik ini terjalin berkat kiat-kiat kedua negara (Indonesia dan Timor Leste) sepakat dan berkomitmen untuk tidak mempermasalahkan masa lalu. Namun, bersama-sama menatap jauh kedepan untuk membangun persahabatan dan mewujudkan keamanan serta perdamaian.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan rasa bangga atas terwujudnya persahabatan yang sejati tersebut. Ia berharap hubungan luar biasa ini menjadi contoh bagi masyarakat internasional, bahwa masyarakat kedua negara berkomitmen tidak akan mempermasalahkan masa lalu. “Bapak Panglima menyampaikan kita semua bersaudara, tidak ada masalah antara prajurit TNI dengan militer Timor Leste. Kita tidak bisa dibedakan dalam membangun persahabatan,” ungkap Hotman.

Baca juga:  Bali Memiliki Adat Istiadat yang Kuat

Sedangkan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak mengatakan, sebagai wujud kepedulian Kodam terhadap kondisi makam para pejuang Indonesia sebagai rumah peristirahatan terakhir. Hal itu sebagai bentuk penghargaan serta penghormatan terhadap para pejuang Indonesia yang gugur di Timor Leste.

Tidak hanya tentara, masyarakat Baucau juga ikut bekerja dan tidak mau dibayar. Oleh karena itu Panglima TNI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Baucau. Dia juga mengaku bangga dan hormat atas partisipasi yang tulus dan iklas dari masyarakat Baucau.

Selain ziarah di Taman Makam Pahlawan di Baucau, Panglima TNI juga ziarah ke Makam Makam Pahlawan Timor Leste di Metinaro dan Makam Pejuang Indonesia (TMP) Seroja di Dili. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.