Budi Rahardjo. (BP/edi)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Untuk bisa bersaing, organisasi dan perusahaan perlu meningkatkan kesadarannya dalam mengembangkan mutu serta menghasilkan produk yang berkualitas sesuai Standar NasionalIndonesia (SNI). Hal tersebut perlu dilakukan karena tantangan Indonesia ke depan semakin berat dan persaingan antarnegara semakin ketat. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN, Budi Rahardjo, Rabu (13/9) di Kuta.

Menurutnya, organisasi terutama pelaku usaha perlu segera menyiapkan strategi sebaik mungkin dalam meraih dan memenangkan peluang pasar. Salah satu alat yang sudah mulai didengungkan yaitu penerapan SNI. “Jika pelaku usaha ingin memperluas pasar terutama mengarah ke pasar internasional, maka penerapan standar semakin penting dan perlu,” ujarnya.

Baca juga:  "Grab for Work" Sasar Perusahaan di Bali

Ditambahkannya, selaras dengan semangat itu, konsumen dan industri dalam negeri juga perlu dilindungi dari gencarnya produk impor yang harganya lebih murah, namun tidak memiliki jaminan kualitas dan keamanan. Ia mengatakan dalam waktu dekat, BSN bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, akan menyelenggarakan Indonesia Quality Expo (IQE) dan kegiatan memperingati Bulan Mutu Nasional yang akan digelar 24-26 Oktober mendatang.

IQE ini nantinya diharapkan bisa menjadi sarana untuk bertukar informasi, serta menyatukan tekad bersama untuk meningkatkan daya saing nasional sebagai upaya memenangkan persaingan global. “IQE ini nantinya akan diikuti oleh beberapa organisasi dan perusahaan yang akan memamerkan berbagai produk berstandar,” ujarnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.