BANYUWANGI, BALIPOST.com – Jajaran Polres dan Kodim 0825/Banyuwangi, Jawa Timur memiliki cara unik merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 72. Mereka membagikan 720 bendera merah putih ke pengguna jalan yang melintas di jalur protokol depan Pemkab Banyuwangi, Rabu (16/8) sore.

Uniknya lagi, selama kegiatan, para personel Polres menggunakan kostum pejuang. Ada juga yang berpakaian adat Nusantara.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto. Iku hadir Ketua Pengadilan Negeri dan Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi. Seluruh personel TNI/Polri ini berbaris rapi di pinggir jalan. Lalu, membagikan bendera kecil ke setiap pengendara, baik roda dua maupun roda empat.

Baca juga:  Rumah Dinas Yasin Limpo Digeledah, KPK Tingkatkan Status Kasus Korupsi Kementan

Sejumlah pengendara sempat dibuat kaget. Dikira ada razia. Mereka baru tertawa sumringah setelah disodori bendera kecil. “Ini bagian kekompakan jajaran TNI/Polri merayakan HUT Kemerdekaan RI. Kita bagikan 720 bendera ke pengguna jalan,” kata Kapolres.

Jumlah ini menyesuaikan dengan umur kemerdekaan RI yang ke-72. Aksi ini, kata dia, untuk mengajak pengendara ikut menghayati pentingnya kemerdekaan. Termasuk, menjaga keutuhan NKRI. “Karena itu, kita ajak TNI dan jajaran lain dalam kegiatan ini,” jelas Kapolres.

Baca juga:  Sembilan Pejuang Telekomunikasi di Papua Peroleh Penghargaan

Selama kegiatan, seluruh personel TNI/Polri juga menggunakan ikat kepala merah putih. Selain merayakan HUT Kemerdekaan, imbuh Kapolres, bagi-bagi bendera sekaligus mengajak pengguna jalan tertib berlalu lintas.

Selama HUT Kemerdekaan ini, Polres juga menggratiskan SIM baru bagi pemilik tanggal lahir 16,17,18 Agustus. Program ini untuk memberikan penghargaan bai warga yang lahir pada hari kemerdekaan. (Budi Wiriyanto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *