DENPASAR, BALIPOST.com – Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72, banyak kegiatan dan kreasi yang dicetuskan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak., S.I.P., M.Sc. Salah satunya lomba panjat 72 pohon pinang sebagai simbul HUT ke-72 RI dengan berbagai hadiah menarik.

Beragam lomba dan kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Monumen Perjuangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur, Kamis (17/8). Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf. J. Hotman Hutahaean, S.Sos., dalam siaran persnya Senin di Makodam, Senin (14/8) menyampaikan, kegiatan tersebut melibatkan anggota TNI, PNS bersama keluarganya dan masyarakat umum.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, dilanjutkan Kirab Pancasila oleh seluruh peserta upacara. Sedangkan lomba yang dilaksanakan antara lain, tarik tambang diikuti 12  tim, lari karung diikuti oleh 12 tim dan panjat pinang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi kegiatan itu untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2017,” ujarnya.

Baca juga:  Kodam Perkuat Mental Spiritual Anggota

Tidak kalah penting, Kamis (17/8) pukul 17.00 Wita, Kodam menggelar kegiatan Doa Bersama Lintas Agama dipusatkan di Puja Mandala di Jalan Kuru Setra, Kuta Selatan, Badung. “Bagi masyarakat yang tidak berkesempatan hadir dalam momen bersejarah ini, kami imbau agar melaksanakan doa ataupun persembahyangan di tempat-tempat ibadah terdekat sesuai dengan agama masing-masing,” ujarnya.

Acara doa ini untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap tegak dan kokoh. Selain itu, Bangsa Indonesia diberkati menjadi bangsa yang lebih kasih sayang. “Mari pertebal rasa kasih sayang ini, jauhkan segala perbedaan yang ada dan kedepankan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam merajut kehidupan berbangsa dan bernegara yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, tenteram dan damai di bawah panji-panji kebesaran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia,” ujar Kapendam. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.