BRSU
Antrian pasien di Poliklinik BRSU. Diharapkan antrian ini bisa diurai dengan pendaftaran online. (BP/san)
TABANAN, BALIPOST.com – Akhir bulan Juli lalu, BRSU Tabanan meluncurkan pendaftaran oline. Hal ini untuk mengurai antrian dan memperpendek waktu layanan di  BRSU Tabanan. Namun sejak dilaunching, hingga kini masih belum banyak masyarakat yang mengetahui fasilitas ini dan melakukan pendaftaran secara manual. Data terakhir, pasien yang mendaftar secara online rata-rata sekitar 3-4 pasien.

Menurut Direktur BRSU Tabanan, dr. Nyoman Susila, Selasa (8/8), program ini memerlukan sosialiasi lebih giat lagi.

Belum semua masyarakat tahu soal layanan pendaftaran online ini. Agar masyarakat semakin mengetahui layanan pendaftaran online ini, setiap petugas yang melayani pasien rawat jalan akan memberikan informasi kepada setiap pasien. Selain itu juga dipasang banner mengenai pendaftaran online dan langkah-langkahnya ditempat strategis BRSU Tabanan serta sosialiasi melalui media sosial, katanya.

Susila mengatakan, dengan pendaftaran online masyarakat bisa menghemat waktu dan tidak menunggu lama untuk mendapatkan layanan. ‘’Mereka juga bisa memperkirakan waktu kedatangan ke BRSU dengan melihat nomor antrian yang didapatkan dari mendaftar online. Jika mendapat nomor antrian 10 tentu bisa datang lebih siang,’’ jelas Susila.

Kedepan, pihaknya akan menkoneksi jaringan dengan biling dan rekam medis pasien sehingga bisa terhubung secara online. Dengan langkah ini diharapkan pasien yang mendaftar online tidak perlu menunggu hingga dua hari untuk datang periksa ke BRSU.

Baca juga:  BRSU Tabanan Terapkan Pendaftaran Online 

Seperti diketahui saat ini, jika mendaftar online maka mendapatkan nomor antrian untuk layanan dua hari kemudian. Ini karena petugas membutuhkan waktu untuk masih mencari dan menyiapkan rekam medis. Karena masih secara manual, dibutuhkan waktu satu hari untuk mencari rekam medis pasien. Jika sudah terhubung online, nanti pasien ke depan tidak perlu menunggu dua hari tetapi bisa keesokan harinya datang periksa ke BRSU jika sudah terkonek online, imbuh Susila.

Seperti diketahui, antrian pasien menjadi pemandangan umum di BRSU. Salah satu penyebab antrian ini adalah petugas membutuhkan waktu mencarikan rekam medis pasien sehingga waktu layanan menjadi cukup panjang. Karenanya, BRSU memangkas waktu ini dengan menyiapkan rekam medis terlebih dahulu untuk pasien yang mendaftar secara online.

Dengan disiapkan rekam medis, pasien tidak perlu menungggu setelah mendaftar tetapi bisa langsung dilayani.  Saat ini pendaftaran online baru bisa diakses pasien rawat jalan. Tetapi ke depan, BSRU Tabanan akan membuka pendaftaran online untuk pasien rontgen dan poliklinik eksekutif. (wira sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.