museum
Presiden Jokowi saat berkunjung ke museum Gunarsa, Jumat (4/8). (BP/kmb)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Iriana Jokowi mengunjungi Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa di Klungkung Jumat (4/8). Kunjungan orang nomor satu di Indonesia ke bumi serombotan itu mendapat sambutan luar biasa dari pelajar dan masyarakat.

Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di Museum Gunarsa sekitar pukul 15.00 wita. Kedatangan Jokowi disambut riuh ratusan pelajar yang sedari siang telah menunggu di depan museum.

Di Museum, kedatangan Jokowi disambut Nyoman Gunarsa bersama keluarga serta Bupati Klungkung Nyoman Suwirta. Tampak hadir juga dalam acara kemarin, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Pangdam Mayjen Komarudin serta sejumlah pejabat lainya.

Setelah menandatangani prasasti peresmian Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa, Jokowi bersama rombongan langsung meninjau koleksi karya lukis Gunarsa yang ada di dalam museum.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan bahwa pada 3 April lalu, dirinya sempat mengundang Nyoman Gunarsa beserta istri ke Istana Kepresidenan. Saat itu, Gunarsa sempat menunjukan lukisan berukuran besar kepadanya yang berjudul Jokowi Minum Jamu. “Kok Pak Nyoman tahu saya suka minum jamu,” katanya.

Baca juga:  Parpol Pendukung Jokowi Dinamai Koalisi Indonesia Kerja

Dirinya juga mengaku bahwa saat Gunarsa ke Istana sempat memintanya untuk berkunjung ke Museum yang berlokasi di Jalan Raya Banda Takmung, Banjarangkan itu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan bahwa keberadaan museum sangaat penting untuk cagar budaya bangsa. Menurutnya siapapun yang datang ke Bali akan merasakan seni adalah roh kehidupan masyarakat Bali. “Saya sudah perintahkan ke Dirjen dan Menteri untuk bersama-sama, agar museum ini dijaga, dirawat dan diperbaiki bersama antara pemerintah dan keluarga bapak Nyoman Gunarsa,” kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan terimakasihnya kepada Gunarsa yang telah memberikannya banyak penjelasan tentang karya lukis. Menurutnya bahwa karya lukis Gunarsa merupakan kekayaan yang tidak bisa dinilai dengan apapun. “Saya suka lukisan dan pengagum lukisan Gunarsa,” imbuhnya.

Sementara itu, Nyoman Gunarsa yang ditemui usai acara kemarin mengku bahwa kedatangan Presiden ke museumnya merupakan hal yang sudah diidam-idamkannya sejak lama. Dirinya pun sangat bangga presiden mau berkunjung ke museum secara langsung. Saat berada di dalam museum bersama presiden, dirinya mengaku menerangkan semua lukisan karyanya. “Di dalam tadi beliau mengungkapkan kekagumannya. Baik yang klasik dan modern,” ujarnya. (dayu rina/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.