Calon Paskibra Denpasar sedang melakukan latihan fisik di Lapangan Lumintang. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Menjelang peringatan HUT ke-72 RI, Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggembleng fisik 70 peserta calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

“Peringatan HUT RI tahun ini digelar secara internal oleh Pemkot Denpasar yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus mendatang di Lapangan Lumintang,” ujar Sekretaris Kesbangpol, Gusti Agung Putra Dhyana.

Lebih lanjut dikatakan pengibaran dan penurunan bendera dengan kesiapan Paskibra Denpasar telah disiapkan matang dari pemilihan calon paskibra. Calon-calon Paskibra yang terdiri dari pasukan 17,8 dan 45 melalui sebuah seleksi.

Proses seleksi tersebut sudah dilaksanakan pada bulan lalu, dan pihaknya sudah memilih 70 calon Paskibra menjalankan seminggu latihan fisik sampai 9 Agustus. Tahapan ini akan dilanjutkan dari tanggal 10-18 Agustus mendatang semua calon Paskibra akan masuk basecamp di Hotel Batukaru digembleng tentang masalah teknis terkait pengibaran bendera.

Semua calon pada 15 Agustus akan dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera, yang sudah siap menjalankan tugas pada tanggal 17 Agustus sebagai Pengibar Bendera dalam peringatan detik-detik Proklamasi di Kota Denpasar. “Sejauh ini persiapan kami sudah cukup matang, tinggal lebih memantapkan lagi sehingga pada saat peringatan detik-detik Proklamasi bisa berjalan dengan sukses,” pungkasnya.

Baca juga:  Ribuan Orang Ikuti Harmoni Indonesia 2018 Unud

Salah seorang Tim Pelatih Paskibra Kota Denpasar, Pelda. I Wayan Purna mengatakan kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 24 Juli. Para calon Paskibra digembleng latihan dasar perseorangan, disiplin jasmani, mental, yang selanjutnya akan masuk dengan pengenalan kelompok 17, 8 dan 45. Di samping itu calon Paskibra juga diperkenalkan formasi kelompok serta tanggal 15 Agustus mereka akan melakukan geladi pengibaran bendera sekaligus pengukuhan.

“Saya rasa semua sudah berjalan sesuai dengan program yang kita berikan, yang meliputi latihan fisik maupun perseorangan, tinggal sekarang menyempurnakannya saja,” kata Wayan Purna.

Sementara, salah seorang calon Paskibra Kota Denpasar, I Gusti Ayu Intan Candra Dewi, mengaku senang dan bangga bisa terpilih sebagai calon Paskibra Kota Denpasar. “Saya merasa senang, selain menambah ilmu dan pengetahuan di sini kita diajarkan bagaimana bersikap disiplin yang tentunya menambah pengalaman saya pribadi,” katanya. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.