JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan laman www.ayojalanjalan.com kembali mengajak masyarakat untuk aktif memilih nominator destinasi terbaik Indonesia. Pilihan public melalui online itu akan diapresiasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017. Meskipun belum 100% sempurna, penyelenggaran yang kedua tahun 2017 ini sudah melalui proses penyempurnaan.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar, Esthy Reko Astuti, hal yang diperbaiki antara lain memperbanyak kategori. Tahun lalu hanya 10, tahun ini menjadi 15 kategori.

“Lalu menambah fasilitas akses untuk memudahkan masyarakat melukan vote, memberikan kesempatan luas kepada seluruh Pemda (Pemprov/Pemkot/Pemkab) untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam ajang tersebut,” kata Deputi Esthy.

Menurut Esthy, penyempurnaan ajang API II itu sangat penting untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata nusantara. Juga mendorong Pemda agar semakin rajin dan agresif mempromosikan destinasinya.

“Tahun ini ada reward istimewa untuk destinasi yang berhasil membangun, mempromosikan, memajukan pariwisata di daerahnya. Silakan voter via websiteayojalanjalan.com. Siapapun boleh memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik ataupun terpopuler menurut pendapat masing-masing individu. Tua-muda, laki laki-lakinya,, wisman-wisnus, semua boleh berpartisipasi,” papar Esthy Reko Astuti.

Pilihannya ada 15 kategori. Dan seluruh kategori yang disajikan adalah hasil seleksi ketat dari data wisata, kuliner, atraksi wisata maupun festival budaya yang selama ini sangat populer di Indonesia.

Khusus edisi 2017, kategori baru yang ditambahkan adalah Kampung Adat Terpopuler (Most Popular Traditional Village), Minuman Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Drink), Obyek Wisata Belanja Terpopuler (Most Popular Shopping Spot), Obyek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot), Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Most Popular Tourism Digital Promotion).

“Setiap satu email hanya berlaku satu voting. Jadi kalau sudah memasukkan email, lantas kembali memasukan email untuk voting selanjutnya, jelas akan ditolak secara otomatis oleh aplikasi itu,” jelasnya.

Menurut panitia penyelenggara, kegiatan API 2017 dimulai dengan pemungutan suara (voting) yang berlangsung dari bulan Juni 2017 hingga Oktober 2017. Lalu pemberian penghargaan pada Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017, November 2017.

Baca juga:  Pesona Lombok Sumbawa Resmi Digelar, 23 Event Disiapkan Sebulan Penuh

Selanjutnya dilakukan evaluasi dalam Post Event dan Persiapan API 2018 pada November 2017 – Januari 2018. Dalam pelaksanaan pemungutan suara (vote) tahun ini dilakukan penambahan akses, bila sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui web vote secara online saat ini dibuka melalui cara SMS premium berbayar.

“Saat ini pemungutan suara sudah dibuka, seluruh masyarakat dipersilahkan untuk memberikan suara dukungan terhadap pariwisata kebanggaannya melalui websitewww.anugerahpesonaindonesia.co m ataupun dengan mengirimkan pesan SMS premium berbayar ke nomor 99386, dengan mengetik sesuai keyword nominasi pilihannya,” kata Ketua Penyelenggara API 2017 Nanda Satria Azwar dari situswww.ayojalanjalan.com.

Pada ajang API 2016 tahun lalu berhasil menjaring sebanyak 53.097 voter di antaranya berasal dari mancanegara  sebanyak 4.331 voters atau 8 persen.  Para voter memilih spot wisata di Tanah Air yang terbagi dalam 10 kategori.

“Panitia penyelenggara juga melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam Bidang Pariwisata seperti Asosiasi Pariwisata, Jurnalis Pariwisata, Blogger, Pengamat/Pelaku Pariwisata bahkan dari Kementerian Pariwisata sendiri untuk menjadi Tim Perumus, yang melakukan perumusan dan seleksi terhadap seluruh usulan nominasi yang masuk,” ujarnya.

Perubahan juga terlihat dari sistem pemungutan suara. Bila sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui web vote secara online di http://ayojalanjalan.com/vote/ saat ini sudah dibuka voting melalui SMS premium berbayar.

Periode voting dibuka pada tanggal 1 Juni 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017. “Kemudian rangkaian kegiatan API 2017 akan ditutup dengan penyelenggaraan Malam Penghargaan yang akan dilaksanakan pada bulan November 2017,” ujar Nanda.

Menpar Arief Yahya menghargai peran swasta yang membuat award untuk destinasi wisata terbaik versi public, melalui media online. “Silakan saja. Semakin banyak melibatkan public, dalam membuat penilaian destinasi, maka akan memacu destinasi untuk menjaga dan membangun reputasinya menjadi yang terbaik,” kata Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.