PDAM
Ilustrasi. (BP/dok)
BANGLI, BALIPOST.com – Guna mencegah terjadinya kekurangan pasokan air bersih ke Rutan Bangli, PDAM Bangli berencana memback-up dengan sumber mata air. Selain itu, pihaknya juga bakal mengganti pipa yang sebelumnya ukuran 1 dim bakal diganti dengan ukuran pipa 2 dim.

Direktur PDAM Bangli I Wayan Gde Yuliawan Askara saat dikonfirmasi, Jumat (19/5) mengatakan, sekarang ini jaringan pipa menuju rutan ukuran satu dim, dan rencananya bakal diganti memakai pipa ukuran pipa 2 dim.  Dengan begitu debit air di rutan lebih besar. “Rencananya kita akan ganti pakai ukuran yang lebih besar. Tahun ini kita akan ganti itu,” ungkap Yuliawan Askara.

Yuliawan mengatakan, selain akan mengganti ukuran pipa yang lebih besar, pihaknya tahun ini juga bakal berancang-ancang untuk  membuat jaringan khusus  untuk Rutan Bangli. Pasalnya, air merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi baik oleh masyarakat umum termasuk juga warga binaan yang ada di Rutan Bangli. Dan untuk kegiatan itu saat pihak PDAM Bangli telah menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Baca juga:  Polres Klungkung Ringkus Pengedar Narkoba Jaringan Lapas

“Rencana ini  telah kita sampaikan ke otoritas di Rutan Bangli. Upaya ini kita dilakukan untuk mengantisipasi  ngadatnya pasokan air untuk warga binaan di Rutan Bangli. Dimana jaringan pipa khusus untuk Rutan  memakai pipa tranmisi yang peruntukannya khusus untuk rutan dan peruntukannya tidak untuk masyarakat umum,” paparnya.

Dia menyatakan, disamping itu rencana mengantisipasi ngadatnya pasokan air ke rutan, nantinya akan diback-up  beberapa sumber mata air itu, nanatinya dapat meminimalisir ngadatnya pasakon air.”Kalau misalkan pasokan dari sumber A ngadat, maka kita bisa alihkan ke sumber mata air B.  Sehingga pasokan air bisa tetap normal,” Pungkas Yuliawan Askara. (eka prananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.