Bupati Suwirta saat memberikan sambutan di SMAN 2 Semarapura, Senin (15/5). (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Nengah Aryanta serta undangan terkait lainnya menghadiri acara Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017 yang diadakan di SMA Negeri 2 Semarapura Klungkung, Senin (15/5).

Kepala Seksi Sertifikasi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Drs. I Wayan Bagiarta Negara, App.MM menyampaikan masalah kesehatan harus bersinergi. Gubernur meminta agar tidak ada rasa pemaksaan dan tersiksa apabila melaksanakan program hidup sehat dan terpadu.

Usaha Kesehatan Sekolah intinya adalah sebuah kegiatan yang bersifat prefentif, bukan kuratif. “Mari kita menuju kepada Usaha Kesehatan Sekolah yang berhasil dengan kunjungan kepada ruang kesehatan berjumlah minim. Agar lingkungan sekitar yang bisa berguna sebagai obat dapat digunakan di UKS apabila terdapat warga sekolah yang sakit,” bebernya.

Bupati Suwirta dalam sambutannya menyampaikan Klungkung yang merupakan Kabupaten dengan wilayah terkecil di Provinsi Bali, sekolahnya yakni SMA Negeri 2 Semarapura bisa memperoleh kesempatan untuk mewakili Provinsi Bali dalam Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Hal ini membuktikan bahwa sesuatu yang kecil tidak selalu harus ada di bawah. “Kepada remaja agar membersihkan pikiran yang kotor untuk menuju sekolah yang bersih baik bersih secara rohani maupun jasmani,” bebernya.

Baca juga:  Bahas Polemik UMK, Raker Bupati-DPRD Klungkung Memanas

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Semarapura Drs. I Gusti Lanang Made Puji Mpd dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan adanya Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui peningkatan perilaku pola hidup bersih dan sehat. Serta menciptakan lingkungan yang sehat.

Melalui visi UKS SMAN 2 Semarapura yakni mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas dan mandiri, SMA 2 Semarapura berusaha secara berkesinambungan mewujudkan cita-cita UKS melalui tiga program UKS yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. SMAN 2 Semarapura dan Komite Sekolah selalu berusaha untuk membuat program hidup sehat jasmani dan rohani, agar terciptanya hubungan harmonis dan optimal guna mewujudkan sekolah sehat.

Kepala tim penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017 Drs. Prabowo Putra, MM menyampaikan Usaha Kesehatan Sekolah ini bertujuan untuk menciptakan sekolah yang sehat dan bersih. Baik bersih lingkungan dan bersih ruang kelas, agar siswa dapat belajar dengan tenang dan baik. Ada dua kategori yang nantinya akan menjadi bahan penilaian dari tim Penilai yakni kinerja terbaik dan pencapaian terbaik. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.