BANGLI, BALIPOST.com – Pada Minggu (26/3), terdapat empat desa yang menggelar parade ogoh-ogoh di Bangli. Bupati Bangli I Made Gianyar membuka parade ogoh-ogoh yang digelar Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, sedangkan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka parade ogoh-ogoh yang digelar Desa Tiga, Kecamatan Susut.

Acara parade ogoh-ogoh yang digelar sejumlah desa di Kabupaten Bangli ini dilaksanakan untuk menyambut datangnya Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939. Acara parade ogoh-ogoh di Desa Peninjoan berlangsung cukup semarak.

Bupati Bangli sangat mengapresiasi pelaksanaan parade ogoh-ogoh ini. Pihaknya berharap kegiatan parade ini dapat meningkatkan kreativitas sekaa teruna dalam hal pelestarian dan pengembangan budaya. Disamping itu kegiatan ini harus dijadikan momen untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan antarkrama dan sekaa teruna di Desa Peninjoan.

Baca juga:  Desa Tiga Gelar Parade Ogoh-ogoh, Sembilan Banjar Berpartisipasi
Bupati mengimbau kepada seluruh warga untuk memaknai hari raya Nyepi dengan introspeksi diri dengan menjalankan Catur Berata Penyepian. “Semoga rangkaian Nyepi berjalan lancar dan kondusif,” harapnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Peninjoan I Dewa Nyoman Tagel menyampaikan bahwa parade ogoh-ogoh di desanya tahun ini diikuti oleh sepuluh peserta dari desa pekraman yang ada di Desa Peninjoan. Ada beberapa kriteria yang dinilai dalam parade ogoh-ogoh ini diantaranya dari kategori baleganjur seperti instrumen, kreativitas, keserasian dan keutuhan irama baleganjur.

Sementara kategori pragmentari yang dinilai adalah keserasian, keutuhan dan juga tandang, tangkep dan tangkis. Sedangkan dari kategori ogoh-ogoh dinilai anatomi, akserasi, keserasian dan juga karakter ogoh-ogoh itu sendiri.

Di hari yang sama, parade ogoh-ogoh juga digelar di Desa Tiga Kecamatan Susut, Desa Tamanbali Kecamatan Bangli dan di Desa Bangbang Kecamatan Tembuku. Parade ogoh-ogoh di Desa Tiga dihadiri Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta sementara parade ogoh-ogoh di Desa Tamanbali Kecamatan Bangli yang dihadiri Sekda Ida Bagus Giri Putra. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.