Minum segelas air putih sebelum tidur bermanfaat bagi tubuh. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak sedikit orang yang enggan minum air putih sebelum tidur. Alasannya bisa saja karena malas terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil. Padahal, kebiasaan ini mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

Memang, kebutuhan cairan setiap orang berbeda- beda. Hal tersebut bergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, iklim, dan kondisi medis tertentu.

Baca juga:  Penuaan Dini, Begini Cara Mengatasinya
Namun, di balik itu semua, minum air putih sebelum tidur tetap mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Dikutip dari klikdokter.com, berikut beberapa di antaranya :

1. Menggantikan cairan tubuh yang hilang
Minum air putih sebelum tidur dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian. Selain mencegah dehidrasi, hal ini juga membuat organ yang ada di dalam tubuh Anda berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Memusnahkan racun
Air putih berfungsi sebagai penawar racun. Jadi, jika Anda minum cukup air putihsebelum tidur, racun yang ada di dalam tubuh akan terbuang melalui keringat, air kencing, ataupun feses yang Anda keluarkan keesokan paginya.

3. Membakar kalori
Air yang diminum sebelum tidur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori. Jika ini berlangsung secara konsisten, cepat atau lambat berat badan Anda akan ikut berkurang.

4. Memulihkan energi yang hilang
Minum segelas air putih sebelum tidur akan memulihkan energi yang setelah beraktivitas seharian penuh. Dengan demikian, Anda akan terbangun dengan energi penuh dan siap menjalani rutinitas kembali. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.