Kawasan Geopark Batur merupakan salah satu destinasi wisatawan saat berkunjung ke Bangli. (BP/dok)
BANGLI, BALIPOST.com – Kawasan Geopark Batur di Kintamani kembali dilirik investor. Kali ini investor berniat membangun sarana kereta gantung di kawasan itu.

Di bawah bendera Bali FT, investor asing tersebut berencana membangunnya mulai dari Pos Perhimpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (P3GB). Namun, berapa panjang rute maupun lokasi finishnya belum bisa dijelaskan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Made Alit Parwata, Minggu (19/3).

Ia hanya mengungkapkan Bali FT sudah sempat menyampaikan langsung terkait niatnya berinvestasi di Kabupaten Bangli. Sebagaimana gambaran awal yang disampaikan, Bali FT berencana akan membangun kereta gantung di kawasan kaldera Gunung Batur dengan mengambil start dari P3GB. “Baru gambaran umum saja yang disampaikan,” terangnya.

Baca juga:  Air Danau Batur Meluap, Wilayah Ini Paling Parah Terendam
Alit Parwata mengatakan pada prinsipnya Pemkab Bangli sangat menyambut baik investor yang akan membangun kereta gantung di kawasan Geopark. Menurutnya, dengan adanya investasi tersebut, akan sangat membantu pengembangan pariwisata di Kintamani. Keberadaan kereta gantung di kawasan Geopark Batur juga diyakini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku akan tetap melakukan kajian serta menyiapkan regulasi. Mengingat, lahan yang rencananya akan dimanfaatkan sebagian besar milik Kehutanan dan BKSDA. “Sesuai arahan Bapak Bupati, kami diminta menyikapi ini dengan segera. Sementara dari investor mengharapkan 31 Desember tahun ini sudah ada kesepakatan,” jelasnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.