Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Menjadi pemimpin yang baik menjadi keinginan setiap orang yang sudah duduk di top management. Namun, dalam menangani bawahan yang memiliki karakter berbeda-beda perlu banyak trik dan tips yang harus dipelajari.

Menurut Business Development Officer/Junior Trainer & Consultant MDF Training & Consultancy, Muhamad Taufiq Hidayat, saat berkunjung ke Kantor Bali Post, Jumat (10/3), menjadi pemimpin yang baik itu bisa dipelajari. Di MDF Training & Consultancy, para trainer memberikan beragam pelatihan untuk para pembuat keputusan dan top management. Tak hanya teori yang diajarkan, beragam aktivitas juga dilakukan sehingga pelatihan tidak membuat para peserta menjadi bosan.

Baca juga:  Menyiapkan Generasi Hindu Jadi Pemimpin
Ia mengutarakan soft skill dalam kepemimpinan ini diperlukan dalam dunia kerja. Pasalnya, tak semua karakter bawahan itu sama sehingga diperlukan pendekatan berbeda dalam menangani tiap-tiap individu. “Di MDF, kami memberikan pelatihan terkait manajemen dan meningkatkan soft skill kepemimpinan,” katanya.

MDF, sebutnya, sudah tujuh tahun berkantor pusat di Bali. Selain Bali, ada sejumlah negara yang menjadi lokasi kantor MDF, seperti di Sri Lanka, Vietnam, Myanmar, Ghana, Belgia, dan Belanda. “Di Bali, kami memiliki 4 trainer senior yang berasal dari Belanda, Jakarta, dan Surabaya. Umumnya mereka memberikan pelatihan di Jakarta dan sejumlah kota besar di Indonesia,” papar pria yang akrab disapa Fiqy.

Fiqy menjelaskan tak hanya menyediakan pelatihan untuk perusahaan, MDF juga memberikan konsultansi untuk pengerjaan proyek bertahap internasional. Dilihat dari website resminya, ada sejumlah proyek berskala besar yang sudah ditangani, mencakup NICHE Project dengan Lemhanas, Young Water Professional (YWP) Programme dengan Kementerian Pekerjaan Umum, dan Nuffic NPT Programme. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.