Ilustrasi tari pendet. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud beserta rombongan setiba di Bandara Ngurah Rai akan dilakukan penyambutan dengan tarian pendet.

Sanggar Tari Sawitri ditunjuk untuk menampilkan Tari Pendet Massal. Sedikitnya 50 penari cilik akan tampil menyambut Raja Salman.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Bali, Dewa Putu Beratha di Denpasar, saat ini sudah ada kepastian untuk menampilkan Tari Pendet. Staf dari Dinas Kebudayaan bersama Protokol sudah melakukan pengecekan tempat pementasannya, katanya, Jumat (3/3).

“Tari Pendet yang ditampilkan seperti tari Pendet seperti biasanya, dari segi busana dan sebagainya. Tari ini memang diciptakan untuk penyambutan tamu agung,” jelasnya.

Beratha menjelaskan, semua pejabat yang menyambut kedatangan Raja Salman akan mengenakan pakaian adat Bali, termasuk di dalamnya gubernur.

Baca juga:  Ini, Alasan AirNav Tutup Operasional Bandara Ngurah Rai

Momentum kedatangan Raja Salman ke Bali benar-benar akan dimanfaatkan untuk mempromosikan budaya Bali. “Budaya yang ditampilkan betul-betul budaya asli Bali, yang tidak diubah sesuai permintaan apapun karena yang dipromosikan adalah seni budaya Bali. Pariwisata Bali adalah pariwisata budaya,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Raja Arab Saudi dijadwalkan tiba di Bali hari Sabtu (4/3) pukul 18.00 wita. Begitu mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, akan langsung menuju hotel.

Utusan Raja Salman, lanjut Dewa Eka, juga masih menunggu keputusan raja mereka mengenai tempat yang akan dituju selama di Bali. Jangankan soal tempat yang dituju, masalah tari penyambutan pun masih menunggu keputusan raja. (rindra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.