Aqua Grup diwakili VP. General Secretary Danone Indonesia, Leila Djafaar menerima penghargaan dari Menteri KLHK, Siti Nurbaya di Surabaya. (BP/ist)

SURABAYA, BALIPOST.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) Republik Indonesia menyerahkan Penghargaan Kinerja Produsen dalam Pengurangan Sampah kepada Aqua Grup. Produsen Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) ini dianggap berhasil mengelola sampah kemasan.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar kepada VP. General Secretary Danone Indonesia, Leila Djafaar di Surabaya. Penyerahan penghargaan ini juga disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memilih 13 perusahaan manufaktur dan ritel yang dianggap telah bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan sampah. Seleksi 13 perusahaan ini kemudian dibagi berdasarkan dua kategori penghargaan, yaitu; kinerja perusahaan dan inisiatif perusahaan. Proses seleksi tahapan mulai dari pengisian kuesioner, verifikasi dokumen, tinjauan lapangan dan presentasi akhir.

Penghargaan untuk perusahaan dalam mengelola sampah dari KLHK ini merupakan kali kedua untuk Aqua Grup. Pada tahun 2016, Aqua Grup menerima peghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas inisiatifnya dalam mengelola sampah kemasan. Tahun ini, Aqua Grup termasuk dalam dua (2) perusahaan yang terpilih yang dinilai memiliki Kinerja sebagai Produsen dalam Pengelolaan Sampah.

Baca juga:  Rawan Terdampak Erupsi Gunung Agung, Banyuwangi Ikut Siaga

Aqua Grup terpilih dalam proses akhir karena penambahan titik lokasi pengumpulan sampah. Setelah mengelola tiga Recycling Business Unit (RBU) di Tangerang Selatan, Bali dan Bandung; AQUA Grup bekerjasama dengan beberapa pihak membangun jaringan untuk pengambilan sampah PET. Jaringan ini melibatkan bank sampah dan lapak di Kota Bogor dan Jakarta.

Leila Djafaar mengapresiasi pemerintah yang telah mendorong dan mendukung pihak swasta untuk terus berinovasi dalam mengelola sampah kemasannya. “Kami mengucapkan terimakasih kepada KLHK yang telah memberikan penghargaan ini sehingga mendorong kami untuk terus berinovasi dan mencari cara dalam mengelola sampah kemasan kami. Dengan kerja sama yang kuat dari para pemangku kepentingan, maka akan terwujud Indonesia Bersih Sampah 2020,” jelas Leila.

Baca juga:  Gudang Kayu dan Kebun Karet di Jembrana Terbakar

Masih dalam rangkaian memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017, Aqua Grup bekerja sama dengan berbagai pihak meluncurkan drop box sampah kemasan air minum (khususnya berbahan polyethylene terephthalate/PET) di Bali. Program Drop Box Sampah Kemasan ini merupakan upaya pengurangan sampah kemasan sebagai bagian dari Program Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menuju Indonesia Bersih Sampah 2020 dan juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat.

Adapun sampah kemasan yang terkumpul di drop box nantinya akan diambil oleh pengusaha daur ulang yang bermitra dengan Aqua Grup untuk diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Menurut Leila, sebagai warga korporasi yang bertanggung jawab, Aqua Grup berkomitmen mengelola sampah kemasan produknya. “Berbagai inovasi kami kembangkan untuk mengurangi sampah botol produk seperti optimasi bobot kemasan, penanganan, penggunaan kembali dan daur ulang sampah kemasan yang diimplementasikan di 19 pabrik kami serta RBU di Tangerang Selatan, Bandung serta Bali.”

Baca juga:  Kapolda Golose: Hilangkan Gaya Korupsi

Aqua Grup juga mengembangkan Recycling Business Unit (RBU) yang terletak di Tangerang Selatan. RBU ini merupakan model sosial bisnis daur ulang kemasan plastik dimana sebanyak 44 orang bekerja mengelola botol kemasan menjadi cacahan yang kemudian menjadi bahan baku untuk barang kreatif seperti kaos dan produk plastik lainnya. Sementara di Bandung dan Bali, Aqua Grup juga menginisiasi terbangunnya RBU yang pengelolaannya saat ini secara mandiri dilakukan oleh mitra. Saat ini, keseluruhan RBU tersebut memproduksi cacahan plastik sebanyak 12.000 ton per tahun. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *