Gaun- Seniman recycle barang bekas, I Gusti Lanang Matra kembali menghasilkan karya seni bernilai jual tinggi berupa gaun yang bahanya berasal dari sampah plastik berupa bungkus kertas photo copy dan bungkus tepung terigu. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Tangan dingin seniman recycle barang bekas, I Gusti Lanang Matra kembali menghasilkan karya seni bernilai jual tinggi. Seniman gaek asal Banjar Dinas Menanga Kawan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem ini menghasilkan karya seni berupa gaun yang bahannya berasal dari sampah plastik berupa pembungkus kertas photo copy dan bungkus tepung terigu.

Lanang Mantra menuturkan, kalau saat ini dirinya tengah merancang dua gaun yang bahannya berasal dari sampah plastik berupa pembungkus kertas photo copy serta satu gaun dengan memanfaatkan sampah bungkus tepung terigu. “Dua gaun yang dihasilkan, satu bernuansa eropa, dan satu lagi bernuansa modern,” ucapnya.

Baca juga:  PPDB Tahun Ini, Buleleng Belum Terapkan Pendaftaran Online

Menurut Lanang Mantra, untuk hasil karya terbaru saya ini, dirinya membuat dua gaun dengan memanfaatkan pembungkus kertas foto copy dan bungkus tepung, kaena kebetulan dekat sini ada tempat foto copy, sehingga dirinya meninta untuk bungkusnya dikumpulkan. Sementara itu, sedangkan untuk bungkus tepung, saya dapat dari rumah karena istri kebetulan jual jajan Bali.

“Selain gaun, saat ini saya juga sedang membuat projek recycle dalam bentuk patung. Bahkan ada rencana membuat gitar dari bahan bekas komponen peralatan sepeda motor juga nantinya. Semoga bisa segara direalisasikan,” katanya.

Baca juga:  Almarhum Frans Bambang Siswanto, Aktif Bangun SDM dan Berkegiatan Sosial

Dia menjelaskan, dibalik karya-karya yang dihasilkan ini, dirinya ingin menyadarkan serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa lebih peduli terhadap lingkungan. Terutama persoalan sampah plastik yang memang selama ini masih menjadi persoalan yang sampai sekarang ini belum mampu dipecahkan. (Eka Parananda/Balipost) .

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *