Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana mengunjungi sejumlah stand pameran usai membuka pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I. (BP/Ist)

UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan perekonomian Nasional, terlebih khusus lagi perekonomian Daerah di kabupaten Badung. Setelah sebelumnya mengikuti proses kurasi, akhirnya terpilih sebanyak 32 UMKM di Kabupaten Badung berkesempatan untuk mengikuti pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I bertempat di Fountain Stage Beachwalk Shopping Mall, Kuta-Bali. Rabu (12/6).

Kegiatan yang ditunjukan bagi para pelaku UMKM tersebut tahun ini mengusung tema UMKM Maju Ekonomi Semakin Tangguh. Menurut Kepala Bidang Kewirausahaan dan UMKM Diskopukm Kabupaten Badung, I Made Wirya Santosa dalam laporannya menjelaskan melalui tema tersebut diharapkan jaringan UMKM Badung akan semakin luas sehingga dapat lebih dikenal sampai tingkat Internasional.

Selanjutnya, ia menyampaikan tujuan diadakannya Pameran Badung UMKM Week Tahun 2024 Batch I kali ini adalah untuk memperkenalkan produk UMKM Badung kepada masyarakat luas baik masyarakat Nusantara maupun mancanegara. Serta untuk memicu kreatifitas pelaku UMKM untuk selalu berinovasi dalam membuat produk agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Baca juga:  Bali Merupakan Daerah Tempat Budidaya Karang Hias Terbaik di Indonesia

Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana menyampaikan, ucapan terima kasih yang mendalam atas sinergi yang telah dilakukan sehingga Pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I ini dapat terselenggara dengan baik.

“Atas nama Bupati dan Pemerintah Kabupaten Badung saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi penyelenggaraan pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I ini. Karena melalui pameran ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan potensi produk-produk UMKM di Kabupaten Badung terutamanya produk unggulan dan memiliki kualitas baik dan memenuhi standar serta sesuai dengan kebutuhan pasar global pada umumnya. Kedepan semoga event seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” ucap Widiana di akhir sambutan.

Baca juga:  Kejuaraan Panahan Indonesia Terbuka di Renon

Kegiatan Badung UMKM Week Tahun 2024 Batch I dibuka secara seremonial melalui pemotongan pita dan pemukulan gong oleh I Made Widiana mewakili Bupati Badung. Disaksikan OPD terkait, perwakilan HIPMI Kabupaten Badung, HIPPINDO Bali, Inkubator Bisnis Universitas Udayana dan Primakara University, serta peserta pameran.

Ditemui seusai membuka acara, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana menambahkan tugas Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan dari hulu sampai hilir adalah memfasilitasi UMKM yang ada di Kabupaten Badung, mulai dari perizinannya, keterampilan pembuatan produknya, termasuk branding terkait dengan pemasarannya.

Baca juga:  Sejumlah Lapak Berdiri di Badan Jalan, Pasar Kidul Tambah Semrawut

“Kedepan kami berharap dengan kemandirian UMKM niscaya akan bangkit dan kuat. Salah satu contoh saat Covid hanya UMKM yang dapat bertahan di tengah gempuran permasalan yang ada,” imbuhnya.

Sebagai informasi Pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I ini berlangsung selama satu Minggu mulai tanggal 12 Juni sampai dengan 18 Juni tahu 2024. Bertempat di Fountain Stage Beachwalk Shopping Mall, Kuta-Bali.(Adv/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *