Arsip foto - Petugas Pengendali Lalu Lintas Udara (ATC) mengatur penerbangan pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (21/12/2023). (BP/Dokumen Ant)

BADUNG, BALIPOST.com – Dua maskapai penerbangan asal Korea Selatan menambah rute langsung ke Bali. Hal ini disebabkan minat yang besar dari wisatawan negara itu mengunjungi Pulau Dewata.

“Secara global, penerbangan internasional ke Bali ini masih atraktif,” kata General Manager Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan di Terminal Kargo Internasional, Kabupaten Badung, Bali, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (6/6).

Ia menjelaskan, dua maskapai tersebut yakni Air Busan dan Jeju Air yang dalam waktu dekat akan merealisasikan rute penerbangan ke Pulau Dewata.

Baca juga:  Ribuan Warga Padati Parade Ogoh-Ogoh di Catur Muka

Namun, ia masih belum memastikan tanggal penerbangan perdana itu karena masih terus dalam pembahasan intensif.

Jeju Air, kata dia, bahkan sudah mendapatkan izin slot dari Kementerian Perhubungan RI melalui kota Incheon dan Busan.

Selama ini, penerbangan internasional langsung Bali-Korea Selatan-Bali dilayani oleh Garuda Indonesia dan Korean Air.

Berdasarkan data operator bandara itu, saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 19 rute domestik oleh 13 maskapai dan 33 rute internasional oleh 36 maskapai penerbangan.

Sedangkan jumlah penumpang yang dilayani selama triwulan pertama 2024 mencapai 5,1 juta dengan 10.312 pergerakan pesawat domestik dan internasional.

Baca juga:  Rekontruksi Gamelan Tua Bawakan Gending Klasik

Angka itu naik 17 persen dibandingkan periode sama 2023 yang mencapai 4,4 juta penumpang.

Pihaknya memproyeksi pada 2024 ini Bandara Ngurah Rai mampu mengakomodasi sebanyak 23,6 juta pergerakan penumpang.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, wisatawan dari negeri ginseng itu menduduki posisi kelima dari 10 besar negara asal wisatawan asing berkunjung di Bali pada Januari-April 2024.

Selama Januari-April 2024, wisatawan Korea Selatan berkunjung di Bali sebanyak 82 ribu atau naik 37 persen dibandingkan periode sama 2023 mencapai hampir 60 ribu orang.

Baca juga:  Kapolda Sebut Penyebar Hoax Ditangkap di Bali

Di sisi lain, satu maskapai internasional Etihad Airways dengan nomor penerbangan EY-476 perdana terbang dari Bandara Zayed International Airport di Abu Dhabi ke Bali pada Selasa (25/6) pukul 22.25 waktu setempat dan dijadwalkan tiba pada Rabu (26/6) pukul 11.35 Wita dengan menggunakan armada pesawat berbadan besar jenis Boeing 787 seri 900.

Rute ini pun menambah pangsa pasar Timur Tengah yang selama ini diisi oleh Emirates Airlines dan Qatar Airways. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN