Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Transformasi digital yang tengah dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali mendapatkan apresiasi, yakni melalui chatbot BRI Sabrina yang berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best in Personalization Strategy. Penghargaan yang diberikan dalam acara Mata Lokal Fest yang mengusung tema Local Thriving in the Digital Era, diselenggarakan oleh Tribunnews pada Jumat (17/5) di Menara Peninsula Hotel Jakarta.

BRI dianggap sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia. Dalam hal ini, digitalisasi menjadi kesempatan bagi BRI untuk berkembang bersama lokal. Teknologi di Sabrina sendiri telah dimaksimalkan dengan Large Languange Model (LLM), di mana chatbot ini mampu merespons berbagai bahasa daerah Indonesia.

Baca juga:  Saham BBRI Diproyeksi Sentuh Level 5 ribu

Terkait hal ini, Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, penghargaan ini semakin memacu BRI untuk melakukan inovasi digital. “Sabrina akan terus dikembangkan untuk lebih memudahkan nasabah dalam mencari informasi dan transaksi. Chatbot Sabrina yang dirancang dan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence, bisa berinteraksi dengan nasabah termasuk menyapa dan berbincang dengan menggunakan bahasa daerah/lokal,” ujarnya.

Sebelumnya, Sabrina juga meraih peringkat pertama untuk kategori Performa Terbaik Chatbot Bank, dalam hasil survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024 yang dirilis lembaga riset MRI bekerja sama dengan majalah Infobank.

Baca juga:  BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang

Seperti diketahui, di tengah perkembangan zaman yang semakin berkembang membuat kebutuhan nasabah akan layanan semakin tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan nasabah tersebut perbankan perlu melakukan inovasi terhadap pelayanannya, terutama pada sisi digitalisasi layanan, sehingga dapat nasabah dalam memperoleh informasi terkait layanan suatu perbankan.

Selain dapat berinteraksi dengan menggunakan berbagai macam bahasa dan memberikan informasi perbankan, Sabrina juga dapat membantu nasabah untuk melakukan pengecekan saldo dan mutasi tabungan, melakukan pembuatan dan pengecekan pengaduan, menginformasikan lokasi kantor BRI, lokasi mesin ATM dan merchant terdekat. Cukup dengan Tanya Sabrina melalui Whatsapp pada nomor 0812 1214 017 informasi terkait produk dan promo bank BRI dapat dengan mudah didapat.

Baca juga:  "Bank Terbaik di Indonesia" Versi The Asian Banker Diraih BRI

Sebagai informasi, acara ini menjadi salah satu upaya dan wujud komitmen Tribun Network dalam memberdayakan lokal bersama para stakeholder yang terlibat.  Rangkaian acara Mata Lokal Fest meliputi Temu Komunitas Lokal, Local Experience, Collaborator Talk dan Mata Lokal Award.

Mata Lokal Award akan dianugerahkan kepada perusahaan yang mampu memberikan dampak dan bergerak pada misi besar untuk memperkuat eksistensi lokal. Untuk itu, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi, serta momentum untuk berkolaborasi dan berkembang bersama lokal. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *