Pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk saat pelaksanaan event internasional di Bali diperketat. (BP/Dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Menjelang penyelenggaraan World Water Forum (WWF) di Bali, Polres Jembrana fokus pada pengamanan di pintu masuk Bali di Gilimanuk. Pengamanan seperti pada protap pemeriksaan di pintu masuk, baik itu kendaraan, barang, dan orang melintas masuk Bali dari pulau Jawa.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Minggu (5/5) mengatakan, untuk pengamanan di wilayah hukum Polres Jembrana dilaksanakan pada pintu masuk menuju Bali di Gilimanuk. “Di Gilimanuk melakukan pemeriksaan barang, orang dan kendaraan yang masuk Bali. Tidak ada penambahan personel,” ujar Kapolres.

Baca juga:  Dari Makna Pura Terbakar saat “Blood Moon” hingga Pohon Tumbang dan Jalan Jebol di Luwus

Selain itu, di wilayah Kabupaten Jembrana tidak ada kunjungan delegasi WWF, sehingga juga fokus kegiatan pengamanan pada pemeriksaan di pintu masuk Bali. Soal pelapisan pemeriksaan di sepanjang jalan Denpasar-Gilimanuk wilayah Jembrana, menurutnya juga tidak ada.

Sementara itu, protap pemeriksaan yang selama ini dilakukan di Gilimanuk diantaranya di pos II dari kepolisian baik itu kendaraan, barang bawaan, dan surat-surat. Pejalan kaki diperiksa di pos Brimob dengan metal detektor. Kemudian di pos KTP untuk pemeriksaan kependudukan, terkait identitas orang yang masuk Bali baik pengendara dan penumpang kendaraan maupun pejalan kaki.

Baca juga:  Genap Sepekan!!! Bali Terus Laporkan Tambahan Korban Jiwa COVID-19

WWF ke-10 akan diselenggarakan pertengahan Mei ini di Bali. Selama sepekan lebih agenda internasional itu akan dilaksanakan dengan peserta dan delegasi dari 43 negara. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN