Terseret angin, Kapal Motor Penumpang (KMP) Samudra Utama kandas di areal LCM Pelabuhan Gilimanuk, Senin (6/5) dini hari. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Terseret angin, Kapal Motor Penumpang (KMP) Samudra Utama kandas di areal LCM Pelabuhan Gilimanuk, Senin (6/5) dini hari. Kapal yang mengangkut belasan kendaraan ini tak bisa bergerak di perairan dangkal sekitar pukul 03.00 WITA dan menunggu air pasang.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol I Komang Muliyadi, mengatakan kandasnya KMP Samudra Utama yang dinahkodai Kapten Agus ini disebabkan oleh angin kencang. “Kapal baru saja melakukan muatan di Pelabuhan Gilimanuk dan hendak bertolak menuju Pelabuhan Ketapang,” ujarnya.

Baca juga:  Pantauan Drone, Di Dasar Kawah Gunung Agung Terdapat Lubang Cukup Besar

Sekitar 100 meter dari bibir pantai, kapal terseret arus yang disebabkan angin kencang sehingga kandas. Pengawas Satpel Pelabuhan Gilimanuk BPTD Bali, I Made Ria Fran Dharma Yudha membenarkan kapal kandas KMP Samudra Utama mengangkut 13 unit kendaraan. Di antaranya 1 sepeda motor, 1 kendaraan kecil, 2 truk cold diesel, 6 truk besar, dan 3 tronton.
Dari pantauan petugas LPS Gilimanuk, KMP Samudera Utama pada koordinat -08°09.4581′, 114°26.3417′.

Baca juga:  KMP Trisna Dwitya Kandas, Puluhan Penumpang Dievakuasi

“Sudah diupayakan evakuasi untuk mengeluarkan kapal dari kandas,” kata Dharma Yudha.

Sekitar pukul 09.45 WITA, KMP. Samudera Utama sudah lepas dari kandas dan selanjutnya sandar di dermaga LCM gilimanuk untuk dilakukan pemeriksaan dari syahbandar. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN