Banjir Bandang- Hujan deras kembali memicu terjadinya bencana banjir bandang di yang melanda wilayah Banjar Dinas Kalanganyar, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kamis (25/4). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras kembali memicu terjadinya bencana banjir bandang yang melanda wilayah Banjar Dinas Kalanganyar, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kamis (25/4). Akibat bencana tersebut mengakibatkan motor dan mesin sawmill (penggergajian) milik warga hanyut dibawa banjir bandang.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengungkapkan bahwa bencana banjir bandang susulan tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WITA. Banjir yang disertai jebol tersebut menutup akses jalan Kabupaten di Banjar Dinas Kalanganyar, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis.

Baca juga:  Maling Motor Diamankan di Balai Banjar

“Aliran air banjir bandang memasuki pekarangan rumah milik I Wayan Darma yang mengakibatkan kendaraan roda dua dan mesin sawmill hanyut dibawa air banjir bandang. Selain itu, rumah warga lain I Made Sudiarta juga dimasuki air banjir bandang tersebut,” ucapnya.

Arimbawa mengatakan, selain itu, banjir bandang yang ditimbulkan juga mengakibatkan longsoran dan sampah menumpuk serta lumpur, dan muncul titik peralihan aliran air ke arah permukiman warga yang perlu di normalisasi.

Baca juga:  Hampir Rampung Direnovasi, Sejumlah Pelinggih di Pura Dalem Pingit Rusak Tertimpa Pohon

“Kita dan masyarakat setempat melakukan assessment yang diakibatkan banjir bandang tersebut. Dan untuk saat ini akses jalan yang jebol hanya bisa dilalui dengan pejalan kaki dan dihimbau untuk berhati-hati,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya akan menurunkan alat berat ke lokasi kejadian untuk pembersihan lebih lanjut dan membuka akses yang lebih aman. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN